Kobaran Api Di Hutan Pinus Padang Ganting Berhasil Di Padamkan

Kobaran Api Di Hutan Pinus Padang Ganting Berhasil Di Padamkan

- in Headline, News, TANAH DATAR
1040
0

Padang Ganting, bakaba.net – Kemarau panjang yang masih melanda sejumlah daerah di Indonesia berdampak pada terjadinya kebakaran lahan dan hutan. Seperti yang terjadi kemaren hutan pinus Bukit Pinang Gadiang, Jorong Rajo Dani, Nagari Padang Gantiang, Kabupaten Tanah Datar terbakar.

Beruntung berkat kesigapan tim gabungan yang terdiri dari TNI,  Polri,  BPBD berhasil melokalisir dan memadamkan api sehingga kebakaran tidak meluas.

Para petugas TNI, Polri, BPBD bahu membahu memadamkan api yang melalap lahan hutan pinus dengan menggunakan berbagai peralatan. Pemadaman api dilakukan sejak Kamis pagi Namun api baru berhasil dikuasai dan dipadamkan pada sore harinya

Meski petugas gabungan bekerja maksimal memadamkan api,  sijago merah sempat menghangguskan  7 Hektar lahan getah pinus yang terdapat didaerah itu.

Api diduga mulai melalap hutan pinus itu Rabu (11/09), tetapi warga baru mengetahui pada malam hari,  setelah melihat lidah api dari perkampungan yang tidak begitu jauh dari lokasi kebakaran.

Lokasi kebakaran itu sendiri sulit dijangkau dengan kenderaan roda empat,  bahkan kemaren saat memadamkan api Kamal mengajak warga dan personil yang turun untuk membawa alat pompa punggung,  atau peralatan lainnya yang mudah digunakan.

“Kebakaran terjadi hutan pinus itu terjadi Rabu,  tetapi sulitnya medan akhirnya diputuskan baru bergerak kelokasi kebakaran pagi hariny”, ujar Kapolsek IPTU Kamal menjawab wartawan kemaren

Sejauh ini penyebab terbakarnya hutan pinus tersebut belum diketahui. Tetapi untuk mengantisipasi kebakaran terhadap hutan dan lahan,  Kamal menghimbau warga khususnya yang mempunyai aktivitas dihutan pinus agar tidak membuang puntung rokok ataupun membakar sampah di lokasi hutan pinus.  (KAMBA)

print

Leave a Reply