Kisah Heroik Prajurit TNI Berbuah Penghargaan

Kisah Heroik Prajurit TNI Berbuah Penghargaan

- in Headline, TANAH DATAR
335
0

Batusangkar, bakaba – kisah heroik Sertu Afriyanda anggota Koramil
Sungai Tarab menjadi perbincangan yang mengharu biru di tengah warga Batusangkar Tanah Datar. Bagaimana tidak Afriyanda harus mengalami patah tangan ketika menyelamatkan kotak amal dari incaran pencuri yang sedang beraksi.

Saat itu malam belumlah terlalu larut, jarum jam baru menunjukan pukul 21.00 WIB, tetapi dia mendengar kegaduhan dari arah Mesjid Al Furqon yang berada di Simpang Asrama Nagari Simpuruik Kecamatan Sei Tarab Tanah Datar.

Kegaduhan itu berasal dari suara teriakan petugas mesjid Al-Furqon yang mengabarkan sedang terjadi pencurian kotak amal di mesjid tersebut, sementara seorang laki-laki muda yang di duga pencuri kotak amal terlihat hendak melarikan.

Sertu Afriyanda tanpa pikir panjang lansung menuju mesjid yang tidak terlalu jauh dari rumahnya dan mendapati tersangka pencuri akan melarikan diri.

Afriyanda yang biasa di sapa warga pak ujang ini segera mendekati pencuri kotak amal untuk menghalanginya agar tidak melarikan diri. Tapi malang sang pencuri yang merasa terdesak lansung mengayunkan linggis kearah kepala Afriyanda. Tetapi Afriyanda langsung menangkis dengan menggunakan tangan Kanannya, akibat benturan yang cukup keras menyebabkan tangan Afriyanda Patah.

Meski sudah cedera, Afriyanda masih bisa melumpuhkan pencuri kotak amal itu, setelah sang pencuri dapat dilumpuhkan, warga baru mengetahui insiden pencurian kota mesjid yang menggakibatkan sang prajurit mengalami patah tangan.

Kapolres Tanah Datar AKBP H. Bayuaji Yudha Prajas. SH langsung mendatangi Afriyanda setelah menjalani Operasi pada Rabu malam. Orang nomor satu di Mapolres itu tidaklah datang sendiri, tetapi membawa serta Ketua Bhayangkari cabang Tanah Datar Ny. Hj. Nila Bayuaji Yudha Prajas serta anggota lainnya.

Ternyata kunjungan Bayuaji yang membawa serta rombongan itu untuk memberikan penghargaan terhadap prajurit gagah berani bernama Sertu Afriyanda Jumat(19/10) di Simpang asrama Balai Salasa.

Penghargaan yang diberikan oleh Kapolres Tanah Datar adalah suatu reward dan ucapan terima kasih kepada Sertu Afriyanda atas Jasa beliau yang telah menghentikan pencurian kotak amal.

Pada kesempatan itu Kapolres juga mengatakan bahwa aksi beliau ini sangat mulia sekali mau itu dimata masyarakat dan dimata Tuhan. Tak banyak orang seperti Serti Afriyanda yang berkorban demi menegakkan hukum guna mengamankan wilayah disekitar tempat tinggalnya

Diakhir Kapolres memberikan piagam penghargaan dan bantuan kepada Sertu Afriyanda akibat pemukulan yang dilakukan pencuri tersebut.

” Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Sertu Afriyanda yang berkorban untuk menghentikan aksi pencurian kotak amal kemaren. Semoga Bapak Sertu Afriyanda cepat sehat dan semoga pengorbanan beliau dibalas oleh Tuhan yang Maha Kuasa. Ini juga bentuk Sinergitas TNI-POLRI dalam mengamankan Wilayah Hukum Polres Tanah Datar” ujar Kapolres Tanah Datar. (TIA)

print

Leave a Reply