Kepoin Yuk Menu Favorit Hj. Mufidah Jusuf Kalla Ketika Pulang Ke Ranah Minang

Kepoin Yuk Menu Favorit Hj. Mufidah Jusuf Kalla Ketika Pulang Ke Ranah Minang

- in Headline, TANAH DATAR
700
0

Batusangkar, bakaba – Kabupaten Tanah Datar yang merupakan pusat Kerajaan Minangkabau terkenal dengan lezatnya berbagai menunya. Sebut saja randang yang merupakan makanan para raya masuk makanan terenak didunia. Belum lagi ragam samba ladonya yang membuat perantau ataupun wisatawan yang pernah mencobanya akan terkenang-kenang dengan pedas-pedas enak samba lado urang Minang tersebut.

Kira-kira apa ya menu favorit Hj. Mufidah Jusuf Kalla selama berada di Lintau yang merupakan kampung istri Wakil Presiden RI tersebut. Yuk di kepoin menu favorit RI-4 tersebut.

Rumah gadang Tajung Bonai merupakan tempat jamuan makan siang Hj. Mufidah Jusuf Kalla dan rombongan dengan bajambah. Sesuai dengan namanya makan bajambah, seluruh menu disusun sedemikian rupa di atas rumah gadang.

Terlihat menu para raja yang begitu mengoda tersaji dan tertatak dengan apik. Ada randang, gulai pucuak ubi, berbagai macam lauk dan samba lado yang selalu ada ketika orang Minang makan. Entah karena hobby makan samba lado, sehingga perempuan Minang sangat mahir meracik berbagai macam samba lado. Sebut saja samba lado baluik, samba lado durian, samba lado jariang, samba lado cangkuak dan masih banyak menu samba lado lainnya.

Hj. Mufidah Jusuf Kalla memilih samba lado cangkuak dan goreng jariang jo lado mudo. Bahkan setiap kunjungan ke Tanah Datar RI-4 selalu memesan dua menu tersebut. Terlihat Ibu wakil negara tersebut makan dengan nikmatnya dengan samba lado cangkuak dan jariang lado mudo.

Samba lado cangkuak merupakan salah satu samba lado yang berasal dari ranah Minang. Campuran samba lado berkuah yang dimasak dengan api kecil tersebut juga kaya protein, karena terdapat telur puyuh, karupuak jangek, teri, cendawan (jamur), sementara kaldunya/kuahnya berasal dari air nasi dan tomat, sehingga rasa yang dihasilkan juga terasa mak nyuss. Nah, itu menu favorit Hj. Mufidah Jusuf Kalla ketika santap siang di rumah gadang Tanjung Bonai. (TIA)

print

Leave a Reply