Kadis Kominfo Bantah Pendamping Dapat Uang Souvenir Studi Komperatif Wartawan

Kadis Kominfo Bantah Pendamping Dapat Uang Souvenir Studi Komperatif Wartawan

- in Headline, KABA WISATA
675
0

Batusangkar, Bakaba–Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Erizal Ramli mengatakan hanya tiga puluh tujuh orang wartawan yang menerima sauvenir dari biro perjalanan yang dimanfaatkan untuk study koperatif, sementara lima pendamping hanya ditanggung biaya tiket, penginapan dan makan.

Hal tersebut dikatakan Kadinas Kominfo Tanah Datar Erizal Ramli kepada bakaba.net Jum’at lalu terkait pengelolaan dana reward wartawan yang bertugas di Tanah Datar untuk melakukan studi komperatif ke Jakarta dan Bandung tanggal 10 s/d 13 Desember 2017.

Erizal Ramli menjelaskan souvenir yang diterima ke tiga puluh tujuh wartawan tersebut dalam bentuk uang sebesar Rp. 800,000/orang, sementara para pendamping tidak menerima sauvenir tersebut.

Berbicara mengenai pengelolaan dana reward sebesar Rp. 193.000.000 yang bersumber dari APBD Perubahan tersebut lansung diserahkan kepada biro perjalanan, tanpa merinci paket yang digunakan.

Menurut Erizal Ramli dana sebesar Rp. 193 juta tersebut di bagi untuk 37 orang wartawan yang ikut studi koperatif setelah dikurangi biaya untuk lima orang pendamping meliputi biaya tiket, makan dan penginapan. Sementara tiga orang pendamping lainnya didanai dari DPA masing-masing.

Beberapa orang peserta study koperatif yang berhasil ditemui bakaba.net mengakui pemberian souvenir dalam bentuk uang tersebut. Wartawan yang mengikuti study koperatif Jakarta – Bandung diminta pihak biro travel menanda tangani kertas pemberian sauvenir tanpa merinci bentuk sauvenir ataupun jumlah dari sauvenir tersebut.

Pemberian sauvenir dalam bentuk uang ini terkesan aneh bagi wartawan, apalagi sauvenir yang diberikan tanpa merinci jumlah dari uang yang diberikan. Kalaupun ada yang memberikan sauvenir uang, itu biasanya uang-uang kuno.

Opay salah satu pengelolah biro perjalanan menjelaskan biasanya biro travel menawarkan paket contoh paket 6 hari satu malam ke Bromo Rp. 3,5 juta/orang minimal 25 orang dan berangkat dari Jakarta. Dapat juga peserta jalan-jalan wisata meminta paket tersediri dan tujuan yang berbeda tapi tetap menentukan harga paket/orang.(TIA)

print

Leave a Reply