Abrar : Nagari “Terindah” Pariangan Sebagai Nagari Literasi Tak Main-Main

Abrar : Nagari “Terindah” Pariangan Sebagai Nagari Literasi Tak Main-Main

- in BUDAYA, Headline, KABA NAGARI
655
0

Batusangkar. Bakaba—Keinginan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar Abrar, S.pd rnenjadikan sebagai Nagari Literasi semakin kuat dan tidak main – main. Ini dibuktikan dengan sermangat tinggi dari Tim Kerja yang telah dibentuknya bersama Ketua Komunitas Pariangan dalam mewujudkan keinginan besar menjadikan Nagari Terindah di Dunia itu sebagai Nagari Literasi.

Program utama yang akan di realisasikan oleh Kadisdik Tanah Datar bersama dengan Ketua Komunitas Pariangan itu dalam keterangannya kepada bakaba. net adalah bahwa Gerakan Indonesia Membaca (GIM) tahun 2017 adalah momen bagus yang dapat mempercepat realisasi Menuju Pariangan Nagari Literasi.

Langkah pertama yang bisa dilakukan menurut Abrar yang kalem, namun ramah ini adalah dengan menjadikan beberapa tempat dii Sekitar Nagari Pariangan itu sebagai Pojok Baca.

Pojok Baca artinya pojok yang dapat memberikan informasi tentang Pariangan kepada para wisatawan melalui bacaan yang terletak di pojok-pojok cantik sebuah kedai atau tempat berkumpul dan betistirahatnya para pengunjung seperti di kedai -kedai. di rumah bersejarah dan di objek wisata yang tersebar di Nagari Pariangan.

Sedangkan untuk penerapan aktivitas membaca dihari Gerakan Indonesia Membaca (GIM) Tahun 2017 Abrar menyebutkan bahwa akan diadakan lomba menilis dan membaca bagi siswa SD,SMP dan SMA se Kabupaten Tanah Datar dengan Tema Mengagkat kembali cerita rakyat dan legenda Nagari Pariangan dari zaman dahulu hingga sekarang menjadi sebuah hidangan baca yang menarik.

  • Kegiatan Lomba ini akan di adakan di Nagari Pariangan sekitar minggu ke dua November. Semoga masyarakat Tanah Datar khususnya Psriangan dapat mendukung kesuksesan kegiatan ini. Demikiam Abrar S.Pd Kadisdik Tanah Datar mengakhiri. (MIT)

 

print

Leave a Reply