Zuldafri Darma : Aksioma Rupakan Ajang Pemantauan Bakat

Zuldafri Darma : Aksioma Rupakan Ajang Pemantauan Bakat

- in Headline, Olah Raga
430
0
BUKA AKSIOMA—Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma membuka secara resmi Aksioma dan KsM di MAN 2 Batusangkar.(Bakaba/Wirmas Darwis)

Batusangkar, Bakaba—Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengatakan, kegiatan Aksioma serta KSM (Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah serta Kompetisi Sains Madrasah red.) merupakan ajang pemantauan bakat berprestasi. Oleh karena itu, pihak penyelenggara maupun pemantau bakat harus jeli mengamati setiap peserta yang ikut bertanding atau berlomba.

Hal tersebut dikemukakan Wabup Zuldafri Darma, ketika memberikan sambutan dalam acara pembukaan Aksioma Tingkat Kabupaten Tanah Datar yang digelar di MAN 2 Limakaum Batusangkar, Kamis (23/2).

Tidak kurang dari 871 siswa madrasah dari berbagai tingkatan di Kabupaten Tanah Datar mengikuti seleksi Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang dilaksanakan MAN 2 Batusangkar dan MTsN Batusangkar.

Lebih lanjut Wabup Zuldafri Darma mengatakan, Pemerintah Daerah mengapresiasi jajaran Kantor Kementerian Agama Tanah Datar yang telah menyelenggarakan kegiatan Aksioma dan KSM ini, mudah-mudahan dapat mengangkat nama daerah Kabupaten Tanah Datar ke tingkat Provinsi Sumatetra Barat.

Ia menyampaikan dalam kegiatan Aksioma dan KSM yang digelar sekali dua tahun itu prestasi Tanah Datar memang masih diperhitungkan di tingkat Provinsi Sumbar. Buktinya Tanah Datar mampu menjadi Juara Umum pada tahun 2012 dan 2014. Sedangkan pada 2016, mampu meraih peringkat dua Sumbar.

Wabup menyebutkan, menurunnya peringkat ini perlu dievaluasi lagi oleh jajaran Kemenag Tanah Datar untuk dicarikan solusinya, karena masih banyak sumber daya manusianya yang cukup berpotensi dan teruji kemampuannya.

Ia meminta para peserta Aksioma dan KSM untuk dapat berjuang semaksimal mungkin sehingga mampu menjadi yang terbaik dan mewakili Tanah Datar diajang provinsi dan nasional. Untuk tercapainya hal tersebut, diminta kepada peserta untuk selalu menjaga kesehatan, mengatur menu makanan, disiplin, mematuhi aturan yang ada dan berdoa kepada Allah SWT, sehingga semua kegiatan berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar Syamsul Arifin mengatakan bagi para siswa madrasah yang berprestasi dalam seleksi Aksioma dan KSM ini akan mewakili Tanah Datar ke tingkat provinsi. Tanah Datar mempunyai banyak sumber daya manusia dalam berbagai cabang yang dilombakan dalam kegiatan Aksioma dan KSM ini.

Kepala MAN 2 Batusangkar Agustamam menjelaskan cabang yang diseleksi dalam Aksioma adalah Madrasah Singer tingkat MA, Pidato Bahasa Inggeris tingkat MA, Pidato Bahasa Arab tingkat MTs, Pidato Bahasa Indonesia tingkat MI, Futsal tingkat MA, Tahfizh tingkat MTs, MTQ tingkat MI, MTs dan MA, Khaligrafi tingkat MTs dan MA, Bulutangkis tingkat MTs dan MA serta Tenis Meja tingkat MTs dan MA dengan jumlah peserta sebanyak 576 siswa.

Sementara, cabang KSM terdiri dari bidang studi Kimia, Fisika, Matematika, Geografi, Biologi dan Ekonomi untuk tingkat MA. Untuk tingkat MTs bidang studi Fisika, Matematika dan Biologi. Sedangkan untuk tingkat MI bidang studi Matematika dan IPA dengan jumlah peserta 295 siswa.(WD)

print

Leave a Reply