Wujudkan Nagari Beriman, Aman dan Sejahtera, Budiman, S.Ag. Latih Imam Masjid Tanah Datar

Wujudkan Nagari Beriman, Aman dan Sejahtera, Budiman, S.Ag. Latih Imam Masjid Tanah Datar

- in Headline, News, TANAH DATAR
0
bakaba.net

TANAH DATAR, bakaba.net – Anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat dari Fraksi PKS Ustadz Budiman, S.Ag. MM Dt Malano Garang memberikan pelatihan untuk 90 orang Imam Masjid yang ada di Tanah Datar.

“Saya ingin mewujudkan Falsafah Adat Basandi Sarak Sarak Basandi Kitabullah (ABSSBK) sebagaimana yang terdapat dalam surat Al Quraish. Intinya adalah mewujudkan Nagari Beriman, Nagari Aman dan Nagari Sejahtera. Para imam bisa menjadi pelopor terwujudnya cita cita bersama ini,” kata Ustadz Budiman, S.Ag. MM Dt Malano Garang menjawab bakaba .net Rabu 26 Mei 2021.

Politisi PKS ini mengatakan, DPRD Propinsi sangat mendukung berbagai kegiatan keagamaan yang ada di Sumatera Barat.

Para imam tersebut mewakili berbagai masjid dan Mushala yang ada di Tanah Datar sudah mendapatkan tambahan wawasan pada Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 24-25 Mei 2021 di Hotel Emersia Batusangkar, dengan menfaatkan dana pokok pokok pikiran beliau.

Selama 2 hari peserta mendapat pembekalan dari pemateri-pemateri yang terbaik di bidangnya. Materi Pertama dari Drs. Nasir Ahmad dan Drs. Syaifullah,MM tentang Program Pemda SUMBAR menjadikan Masjid sebagai Central Pembinaan Masyarakat.

Selanjutnya materi ke dua disampaikan Ustadz Arif ZM, MA. Komisi Fatwa MUI Tanah Datar memberikan materi tentang Fiqih Shalat Berjamaah, Keutamaan dan Aturannya, selanjutnya Ustadz Adib Fadhil, SS Khatib Bandaro Pembina Rumah Al Qur’an Yayasan MQM memberikan materi Praktek Pelaksanaan Imam Shalat dan Bacaan yang Baik dan Benar.

Sementara H. Afrizon, S.Ag Kabag Kesra Pemda Kabupaten Tanah Datar Memaparkan tentang Psikologi Pendidikan Karakter/Ketauladanan Imam Masjid. Materi terkahir dari Ustadz Idris Al Hafidz Pimpinan Markaz Al Qur’an Sumbar dan juga Aleg DPRD Kota Padang Panjang tentang Metode Tahfidz Al Qur’an.

Salah satu pemateri yang berhasil di wawancarai bakaba.net, Ustadz Adib Fadhil, SS Khatib Bandaro mengungkapkan kebahagiaannya bisa berbagi dengan para Imam se Tanah Datar dalam momen pelatihan tersebut.

Ustadz Adib berharap agar ada tindak lanjut dari kegiatan ini dimasa yang akan datang. Pelatihan dan pembinaan jamaah adalah PR besar yang bisa mendapatkan porsi perhatian dari imam masjid. Disamping perhatian dari elemen masyarakat yang lain, seperti Pemda, Tokoh Masyarakat dan Aparat lainnya

Ustadz Deri Fahrizal, salah satu peserta mengungkapkan rasa terima kasih atas perhatian pemerintah terhadap para Imam Masjid dan Mushala, salah satunya dengan pemberian tambahan wawasan yang dilaksanakan dalam pelatihan ini.

Ustadz Deri juga berharap dukungan ini dapat berlanjut dimasa masa yang akan datang, sebab persoalan yang ada di tengah umat terus bertambah dan berkembang.

Dalam kesempatan itu di deklarasikan terbentuknya Forum Silaturahim Imam Tanah Datar dan Ustadz Deri Fahrizal terpilih sebagai ketua Forum. Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah para Imam Masjid dan Mushala mewujudkan cita cita kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten Madani yang berlandaskan Adat Basandi Sarak Sarak Basandi Kitabullah (fm)

print

Leave a Reply