Warga Buang Hajat Disembarang Tempat, Satgas TMMD Bantu Jaman Gratis

Warga Buang Hajat Disembarang Tempat, Satgas TMMD Bantu Jaman Gratis

- in Headline, Pasaman
910
0

PASAMAN BARAT, bakaba – Era modern saat ini bukan lagi zamannya untuk buang air besar sembarangan. Masyarakat harus terbiasa menggunakan jamban untuk menjaga Pola Bersih Hidup dan Sehat (PHBS). Untuk itu masyarakat harus memiliki dan mampu menggunakan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) dengan baik.

Dalam kegiatan TMMD 102 di Jorong Situak Barat Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Pasaman Barat, Satgas TMMD bangun jamban untuk KK tidak mampu. Pembuatan jamban gratis untuk warga yang belum punya jamban dan dipandang kurang mampu bertujuan untuk memberikan contoh pada masyarakat agar mulai membiasakan hidup sehat.

Jamban adalah tempat pembuangan kotoran manusia. Jamban yang baik dan sehat adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk yang dilengkapi dengan unit penampungan kotoran dan air untuk membersihkannya. Selain demi PHBS, penggunaan jamban juga untuk mencegah penularan penyakit terhadap lingkungan.

Manfaat buang air besar dan kecil di jamban begitu besar bagi kesehatan lingkungan. Lingkungan dapat menjadi bersih, sehat, dan tidak berbau. Selain itu tidak mencemari sumber air yang ada di sekitarnya. Serta tidak mengundang datangnya lalat serangga yang dapat menjadi penular penyakit.

Menurut Babinsa Ujung Gading Serka Atrizal berbagai penyakit yang berpotensi ditularkan dari kebiasaan tidak memakai jamban adalah diare, kolera, disentri, tifus, cacingan, penyakit infeksi saluran pencernaan, penyakit kulit dan keracucan. Namun masih ada di berbagai pinggiran kota besar, masyarakat yang tidak memiliki jamban sehat dan masih buang air besar di sungai atau selokan.

Penggunaan jamban sehat merupakan salah satu dari 12 indikator keluarga sehat sesuai aturan Kementerian Kesehatan.

Mirca (49) Janda yang mempunyai anak tiga orang yang keseharian sebagai buruh salah seorang warga yang mendapatkan program jambanisasi, ketika ditemui di rumahnya Kamis 12 Juli 2018 menyatakan, sangat senang sekali dengan program TMMD ke 102 yang telah dibuatkan jamban oleh TNI Kodim 0305/Pasaman bersama warga.

‘’Saya itu sudah lama ingin memiliki jamban sendiri seperti milik tetangga yangg lain, mengingat penghasilan kecil sebagai buruh tani akhirnya sulit memilikinya. Alhamdulillah keinginan itu kini menjadi kenyataan,’’ kata Mirca (TIA).

print

Leave a Reply