Wabup Tanah Datar Richi Aprian : Recopusing Bikin Pusing

Wabup Tanah Datar Richi Aprian : Recopusing Bikin Pusing

- in Headline, Serimonial, TANAH DATAR
0

Tanah Datar, bakaba—Wabup (Wakil Bupati) Tanah Datar Richi Aprian minta masyarakat bersabar menghadapi keuangan daerah yang belum banyak membantu gerak pembangunan di Nagari maupun di kecamatan, sehingga pengalihan anggaran yang lebih populer dengan sebutan recopusing membikin pusing banyak pihak.

Hal tersebut disampaikan Wabup Richi Aprian, ketika memberikan sambutan dalam acara Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kecamatan Lima Kaum di Gedung Serba Guna Lima Kaum, Senin (8/3).

Dikatakan, permasalahan Covid 19 yang hingga sekarang belum berakhir merupakan salah satu pemicu terjadinya recopusing. Untuk itu jangan ada pula diantara kita yang merayakan ulang tahun Covid 19, apa lagi ada yang menyampaikan selamat panjang umur, jelas sesuatu yang tidak diharapkan sama sekali.

“Disadari atau tidak, recopusing jelas membuat kita pusing, karena banyak program pembangunan yang tidak bisa terlaksana, lantaran dananya harus dialihkan untuk mengatasi pandemi Covid 19,” tutur Wabup menambahkan.

Ia mengakui memang telah ada Visi dan Misi yang akan dituangkan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Tanah Datar, dengan 10 program unggulan. Namun, jika tidak didukung oleh masyarakat, tidak mungkin Eka-Richi bisa membangun Tanah Datar seperti yang diharapkan.

“Kita akan coba membelanjakan uang daerah ini untuk yang urgen-urgen saja dulu, karena kita menyadari keuangan sangat terbatas, sementara kebutuhan pembangunan cukup banyak,” kata Richi Aprian.

Sementara Camat Limakaum Hendra Setiawan dalam kesempatan tersebut mengatakan, Musrenbang tahun ini memang beda, karena pelaksanaannya didahului oleh kecamatan dan baru kemudian nagari.

Permasalahan yang dihadapi Pemerintah Kecamatan tentang belum urusan menjadi kewenangan kecamatan, salah satu diantaranya berupa perizinan, sehingga kita juga belum bisa sepenuhnya dapat melaksanakannya karena adanya keterbatasan-keterbatasan.

Turut memberikan sudut pandang anggota DPRD Tanah Datar Abu Bakar, kemudian pelaksanaan teknis yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Nuryedisman selaku Ketua Tim Musrenbang Kabupaten Tanah Datar.(WD)

print

Leave a Reply