Turnamen Gala Desa Ditutup, Tanah Datar punya PR Gali Atlet Berbakat

Turnamen Gala Desa Ditutup, Tanah Datar punya PR Gali Atlet Berbakat

- in Headline, Olah Raga
354
0

Batusangkar, Bakaba–Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Tradisional Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Kementerian Pemuda & Olahraga RI Drs. Armen mengatakan, kegiatan Gala Desa belum dilakukan secara maksimal, karena baru 136 Kabupaten/Kota dari 34 Provinsi di Indonesia yang melaksanakannya.

Hal tersebut di sampaikan Drs. Armen dalam penutupan tournamem Gala Desa di Gala Desa di Gezebo Indo Jalito Batusangkar Selasa 12/12.

Lebih lanjut Armen mengatakan dari 514 Kab/kota baru 136 Kab/kota yang melaksanakan kegiatan gala desa, tahun 2017 merupakan tahun pertama pelaksanaan gala desa di Indonesia dan di harapkan pada tahin2019 mendatang dapat menjangkau seluruh Kab/kota.

Kegiatan gala desa itu sendiri bertujuan untuk mengali potensi atlit didesa-desa dan mengajak masyarakat giat brolahraga serta mndukung masyarakat hidup sehat dan mendukung kegiatan Jokowi yang dimulai dari desa.

Batusangkar dulunya penyumbang atlit untuk Sumatera Barat dan Nasional, untuk itu hal ini harus menjadi perhatian kita bersama khususnya Pemkab Tanah Datar. Disamping itu Batusangkar merupakan tempat pelaksana Porda kedua dan Pusat Kebudayaan Minangkabau.
Bupati Tanah Datar Irdiansyah Tarmizi dalam kata sambutannya mengatakan, kita berharap terhadap Cabor (Cabang Olahraga) dapat menggali dan mempersiapkan atlet berbakat dalam menghadapi Porprov tahun 2018 mendatang.

Lebih lanjut Bupati mengatakan dalam pelaksanaan Gala Desa mendatang akan memilih beberapa Cabor agar dapat mencapai tujuan akhir. Olahraga sangat efektif dalam menangkal kegiatan-kegiatan negatif seperti penyalahgunaan narkoba serta penyakit masyarakat lainnya.

Bupati bertekat lapangan Gumarang benar-benar respentatif sehingga dapat mencetak atlit-atlit handal, apalagi Tanah Datar merupakan daerah penghasil pemain sepakbola yang cukup disegani baik tingkat regional maupun nasional.

Sementara itu ketua pelaksana Gala Desa Tanah Datar Jemmi S. Pt mengatakan dalam gala desa Tanah Datar mengelar enam Cabor masing-masing sepak bola di lapangan Pulai Sungayang, Volly di Nagari Salimpaung, Sepak Takraw di Nagari Saruaso, bulutangkis di Gor Batusangkar, tenis meja di Tanjung Bonai dan atletik di V Kaum.

Menurut Kabib Olahraga Dinas Pariwisata Pemuda dan Olaraga ini pelaksanaan gala desa didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dilaksanakan dari tanggal 16/11 – 09/12. (TIA)

print

Leave a Reply