Tragedi Truk Sampah, Pak Pirin “Urang Surau” Itu Telah Pergi Untuk selamanya

Tragedi Truk Sampah, Pak Pirin “Urang Surau” Itu Telah Pergi Untuk selamanya

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

bakaba.net, TANAH DATAR –– Pemko Padang Panjang menyampaikan ucapan duka yang mendalam atas berpulangnya salah seorang petugas kebersihan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kota Padang Panjang.

Salah seorang petugas kebersihan yang biasa disapa pak pirin menghembuskan nafas terakhir saat bertugas, truk sampah yang ditumpanginya tidak kuat “Nanjak” dan terguling, Jum’at (08/04/2022) tepatnya pukul 08.30 WIB.

Truk sampah itu mendadak mati di pendakian Simpang Baka Tampuruang, Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat sekira pukul 08.30 WIB.

Pak Pirin dikenal sebagai sosok yang ulet, rajin ibadah itu merupakan warga Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan Tanah Datar.

Sementara itu, tiga orang temannya, Sapardi (58) yang mengendarai truk itu dan Irwan Husen (45) serta Iwan Sembiring (54) yang berada dalam truk nahas itu, mengalami luka berat dan ringan.

Kepergian Pinin, membawa duka yang mendalam bagi istrinya, Arneli dan empat anaknya. Begitu juga dengan rekan sejawatnya.

Pinin dikenal sebagai pribadi yang taat beragama. Warga di sekitar rumahnya, menyebut Pinin sebagai “Urang Surau”, istilah yang kerap disematkan kepada orang yang alim dan rajin ke masjid.

Kesan baik juga dirasakan rekan sejawat sesama petugas kebersihan Dinas Perkim LH. Almarhum dikenal sebagai orang yang penyapa, berbudi pekerti yang baik, rajin dan pekerja keras.

Kepergian Pinin akan dikenang bagaikan seorang Mujahid yang suhada. Jihadnya ialah mencari nafkah yang halal sebagai petugas kebersihan. Hembusan nafas terakhirnya tepat di hari mulia yaitu hari Jumat, di bulan suci Ramadan pula.

Pinin dimakamkan di tanah perkuburan keluarga setelah dishalatkan secara bersama-sama di rumah duka, bakda Shalat Jumat.

Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si yang hadir saat prosesi pemakaman mengatakan, Pemko merasa kehilangan atas kepergian almarhum untuk selamanya. Dikatakan Sekdako Sonny, almarhum merupakan salah seorang pekerja terbaik.

“Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat ikhlas dan tabah menghadapinya. Almarhum ialah orang yang baik. Pergi meninggalkan kita, di hari yang baik, Hari Jumat dan bulan suci Ramadan. Semoga almarhum husnul khatimah,” tuturnya.

Kepulangan Pinin ke Rahmatullah sebelumnya turut dilepas Wakil Wali Kota, Drs. Asrul di RSUD Padang Panjang.

Sementara itu di rumah duka tampak hadir, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako, Iriansyah Tanjung, S.E, M.Si, Kadis Perkim LH, Alvi Sena, M.T, Sekretaris DPRD, Wita Desi Susanti, S.T, Kepala DPMPTSP, Ewasoska, S.H dan pejabat lainnya. (***)

print

Leave a Reply