TMMD 108 Kodim 0307 Tanah Datar, Gelar Penyuluhan Pengelolaan Sampah

TMMD 108 Kodim 0307 Tanah Datar, Gelar Penyuluhan Pengelolaan Sampah

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net –  Satgas TMMD 108 Kodim 0307 Tanah Datar mengelar penyuluhan pengelolaan sampah daur ulang sampah organik maupun non organik di kantor Wali Nagari Panyalaian Rabu (15/07).

Penyuluhan pengelolaan sampah itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan khususnya di Nagari Panyalaian.

Kegiatan itu diikuti masyarakat di Nagari Panyalaian serta diisi dengan materi bahaya sampah bagi masyarakat, serta pengolahan sampah organik menjadi pupuk.

“Sampah menjadi salah satu permasalahan yang belum bisa teratasi secara maksimal di Indonesia. Berbagai langkah terus dilakukan oleh pemerintah demi menyelesaikan permasalahan tersebut,” kata Astuti Kabag Perkim Dinas Lingkungan Hidup Tanah Datar.

Astuti menyebutkan, untuk mengatasi masalah sampah salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui perubahan pola prilaku masyarakat. Karena saat ini masih banyak warga yang menggunakan kemasan atau alat lain yang bersifat sekali pakai.

“Kita tahu permasalahan sampah dan sebagainya itu ada di hulu. Hulunya itu salah satunya adalah rumah tangga,” kata Astuti.

Upaya untuk penanganan sampah selain melalui pendekatan teknis, perlu didorong juga adanya perubahan prilaku di masyarakat. Contoh kecil adalah dengan membawa botol minum sendiri dan kemasan yang bisa digunakan berkali-kali.

Disamping itu kata Astuti perlu mendorong perubahan prilaku masyarakat tentu perlu dukungan sejumlah pihak, salah satunya yakni petani.

Sementara pemateri lainnya Santi Direktur Bank Sampah mengajak masyarakat  memilah sampah melalui non organik dan organik.

“Setelah memilah sampah kering atau non organik selanjutnya bisa dibawa ke bank sampah disetor dan mendapatkan uang. Khusus sampah  organik bisa dibuat kompos agar menjadi pupuk sehingga mengurangi jumlah pembuangan sampah ke TPA” kata Santi.

Hal itu sambung Santi, mendorong warga mengelolah sampah untuk melakukan investasi, serta pemilahan sampah diharapkan menjadi hulu meningkatkan program bahan baku daur ulang.

Sementara Wali Nagari Panyalaian Roni Datuak Panduko Sirajo mengatakan kegiatan penyuluhan pengelolaan sampah ini sangat bermanfaat bagi warga Panyalaian. Ternyata sampah selama ini identik dengan barang yang terbuang dapat mendatangkan penghasilan.

Roni Datuak Panduko Sirajo mengatakan limbah sayur dapat diolah menjadi pupuk, sehingga sampah  tidak saja mempunyai tambah juga mengurangi biaya untuk membeli pupuk.  (TIA)

Leave a Reply