Tekan Lakalantas, Polres Tanah Datar Sediakan Bus Sekolah Gratis

Tekan Lakalantas, Polres Tanah Datar Sediakan Bus Sekolah Gratis

- in Headline, HUKRIM
1273
0

Batusangkar, Bakaba–Pemkab Tanah Datar sangat mengapresiasi terobosan baru yang dilancarkan Polres setempat. Dengan menyediakan bus sekolah gratis untuk anak sekolah. ternyata dapat menekan angka kematian dan di kecelakaan khususnya dikalangan pelajar, bahkan selama uji coba pengoperasiannya sudah tidak terjadi laka lantas.

Hal tersebut dikatakan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmisi menjawab wartawan usai grand lounching bus sekolah gratis di depan Kantor Sat Lantas Polres Tanah Datar Rabu, 3/3. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Waka Polres Hendra Syamri , Kadinas Pendidikan dan Budaya Drs. Abrar , Kadinas Perhubungan Harfian Fikri dan Kasat Lantas AKP. Yulandi Rusadi, SH.

Menurut Bupati program bus sekolah gratis terobosan Polres Tanah Datar ini perlu kita dukung bersama, karena sudah memberikan solusi terhadap permasalahan yang dilematis. Selama ini anak-anak membawa motor kesekolah, sementara mereka belum berhak untuk mengendarai motor. Dengan adanya uji coba kemaren memang baru tiga mobil yang dioperasikan dan menempuh rute yang sudah ditentukan sebelumnya.

“Saat ini bus sekolah gratis ini untuk mengangkut kesekolah aja dulu dan ketika pulang sekolah diharapkan orang tua dapat menjemput, “ ujar bupati.
Sejak uji coba pengoperasian bus sekolah gratis, sudah banyak anak-anak yang tidak membawa motor lagi kesekolah, hal ini berkat sosialisai yang dilakukan Polres Tanah Datar media cetak, online dan Radio. Orang tua sudah mulai memahami dan tidak memberikan izin lagi anak-anak mereka membawa motor kesekolah.

“Anak-anak tersebut merupakan asset bangsa, dan tanggung jawab kita untuk menjaganya”, kata bupati.
Saat ini memang baru 4 mobil yang baru dioperasikan, satu bus Polres, 2 truk Dalmas dan satu unit bus perhubungan Pemda Tanah Datar. Kedepannya akan ada penambahan bus, untuk sementara akan di karyakan dua lagi bus pemda Tanah Datar. Penambahan bus baru akan diupayakan dalam APBD perubahan.

Waka Polres Tanah Datar Kompol Hendra Syamri mengatakan masyarakat sangat memberikan respon yang baik terhadap pengoperasi bus sekolah gratis tersebut, meski awalnya anak-anak sekolah sedikit ragu naik truk polisi, tetapi setelah melakukan berbagai sosialisasi akhirnya orang tua memahami dan melarang anak-anak mereka membawa motor kesekokah.

“Di Tanah Datar angka laka lantas cukup tinggi khususnya dikalangan pelajar, lalu Kapolres bayuaji Yudha Prajas membuat terobosan pengadaan mobil gratis untuk anak sekolah”, ujar Waka. Program tersebut yang terbaru ada di sumatera Barat, kedepannya di harapkan ada MoU antara Polres dan Pemda Tanah Datar agar program ini dapat terus dilanjutkan.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Abrar mengatakan untuk mendukung program bus sekolah gratis ini pihaknya sudah mensosialisasikan agar orang tua tidak memberikan izin kepada anak-anaknya membawa motor ke sekolah, kita juga tekankan pihak sekolah melarang anak-anaknya mengunakan motor.
“Kemaren saat pembagian soal ujian, Kapolres Tanah Datar Bajuaji Yudha Prajas juga lansung melakukan sosialisasi ke sekolah”, ujar Abrar.
Sementara itu di tempat terpisah Kasat Lantas AKP Yulandi Rusadi mengatakan selama pengoperasian bus sekolah gratis untuk pelajar tidak terjadi pelanggaran ataupun laka lantas di wilayah hukum Polres Tanah Datar. Padahal sebelumnya angka laka lantas cukup tinggi dan terbukti berhasil menekannya.
Berdasarkan data Sat Lantas Polres selama bulan terakhir telah terjadi 23 laka lantas damn 60 % korban laka lantas tersebut merupakan anak sekolah. Selama 10 hari uji coba pengoperasi bus sekolah gratis tidak terjadi pelanggaran atau laka lantas.
“Terbukti 10 hari uji coba bus sekolah sekolah gratis, tidak terjadi laka lantas di Tanah Datar”, tutup Kasat Lantas (TIA)

print

Leave a Reply