Tanah Datar Gelar Rakor Pemilu 2024

Tanah Datar Gelar Rakor Pemilu 2024

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

Tanah Datar, bakaba.net – Menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) yang bakal dilaksanakan 14 Februari 2024, Bupati Tanah Datar Eka Putra mengajak seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait untuk turut menyukseskannya.

Ajakan disampaikan Bupati saat Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Tanah Datar bersama Forkopimda, KPU dan Bawaslu Tanah Datar serta OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Senin (12/2/2024) di Indojolito Batusangkar.

“Dua hari lagi, kita akan melaksanakan puncak Pemilu, yakni pencoblosan DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI dan Presiden RI, mari kita sukseskan bersama dan ikut aktif menunaikan hak suara kita untuk menentukan bangsa ke depan, ” sampainya.

Bupati Eka Putra menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat langsung dalam pelaksanaan Pemilu di Tanah Datar.

“Terima kasih kepada KPU, Bawaslu, TNI, Polri, Tenaga Kesehatan, KPPS dan pihak terkait lainnya yang telah bekerja keras dan bekerja sama mempersiapkan pelaksanaan Pemilu agar berjalan aman, lancar dan sukses, ” katanya.

Terakhir Bupati Eka Putra berharap semua pihak yang terlibat untuk menyiasati kondisi cuaca yang akhir-akhir ini sering terjadi hujan dan cuaca ekstrim lainnya.

Sebelumnya Ketua KPU Tanah Datar Dicky Andrika menyampaikan, logistik Pemilu telah didistribusikan hari ini dan esok ke 14 Kecamatan di Tanah Datar.

“Logistik dan perlengkapan Pemilu telah kita distribusikan mulai hari ini dan esok ke berbagai wilayah di Tanah Datar, sehingga pada 14 Februari esok dapat dipergunakan di TPS masing-masing, ” sampainya.

Dikatakan Dicky, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Tanah Datar sebanyak 280.032 orang yang akan menyalurkan hak pilihnya di 1.228 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Melihat kondisi saat ini, terutama daerah sekitar Gunung Marapi di 5 Kecamatan, 14 Nagari, 100 TPS, KPU telah mempersiapkan langkah lanjutan ketika musibah erupsi Gunung Marapi terjadi pada hari pencoblosan, yakni TPS akan mengikuti lokasi evakuasi pemilih, atau bisa dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang sesuai yang telah diatur Undang-Undang, ” terangnya.

Ketua Bawaslu Tanah Datar Andre Aski mengatakan akan mendukung pelaksanaan Pemilu berlangsung aman, lancar dan sukses.

“Kami mendukung agar Pemilu berjalan sukses, sesuai tugas Bawaslu yakni pencegahan dan penindakan. Dihimbau juga masyarakat untuk melaksanakan Pemilu Partisipatif, laporkan kalau ada pelanggaran Pemilu kepada kami Bawaslu, ” sampainya.

Sementara itu Polres Tanah Datar disampaikan Waka Polres Kompol Hikmah, Kapolres Padang Panjang AKBP. Kartyarna Widiarso Wardoyo Putro, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Czi Sutrisno, Dinas Kesehatan, BPBD, Camat dan instansi terkait lainnya menyampaikan dukungan dan siap turut mengamankan pelaksanaan Pemilu di Tanah Datar agar berlangsung aman, lancar dan sukses.

Turut hadir Ketua DPRD Ronny Mulyadi Dt. Bungsu bersama Forkopimda, Sekda Iqbal Ramadi Payaman, Asisten I Elizar, Asisten II Alfian Jamrah, Asisten III Jasrinaldi, staf ahli Bupati, Kepala OPD, Camat dan undangan lainnya. (***)

Leave a Reply