Promosi Produk Unggulan, Tanah Datar Buka Stan Di AOE 2021 Di JCC

Promosi Produk Unggulan, Tanah Datar Buka Stan Di AOE 2021 Di JCC

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

JAKARTA, bakaba.net –– Untuk mempromosikan dan menarik investor, Tanah Datar mengikuti APKASI Otonomi Expo (AOE) 2021, di Jakarta Convention Centre (JCC).

Dalam kegiatan yang berlansung dari 20 – 22 Oktober itu Tanah Datar mempromosikan berbagai produk unggulan yang diproduksi pengrajin didaerah itu.

Produk-produk unggulan Tanah Datar yang ditampilkan dalam AOE 2021 itu songket, batik tanah liek, tas, sepatu, sulaman serta produk lainnya.

Seperti diketahui Tanah Datar terkenal penghasil tenun yang berkualitas, bahkan kain tenun didaerah itu sangat diminati oleh para kolektor sampai ke mancanegara.

Saat ini daerah itu juga sedang mengembangkan tenun dengan pewarna alami di sentra tenun Lintau. Kain tenun pewarna alami ini juga tidak kalah menarik dan diminati oleh pecinta tenun.

Bahkan untuk mengembangkan tenun pewarna alami itu, istri mantan wakil presiden Jusuf Kalla sengaja mendatangkan ahli kain sebagai intruktur sentra tenun.

Begitu juga batik tanah liek dari Tanah Datar, boleh dibiliang kain berkelas yang dulunya dipakai oleh raja-raja dan ninikmamak didaerah itu.

Pewarnaan kain batik ini mengunakan tanah liek dengan proses perendaman yang cukup lama. Proses ini akan menghasilkan warna kain yang berbeda dengan batik produksi daerah lain. Semamgkin lama direndam, warnanya akan semangkin mendekati warna tanah sehingga terkesan mewah dan elegan.

Untuk melestarikan batik tanah liek, daerah itu saat ini mewajibkan ASN dan anak sekolah mengunakan batik itu.

Presiden Joko Widodo membuka secara langsung membuka APKASI Otonomi Expo (AOE), dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/10/2021).

Jokowi mengatakan kegiatan tahunan yang terselenggara dari tanggal 20 sampai dengan 22 Oktober 2021 di  Jakarta Convention Centre (JCC) ini, diikuti kementerian, pemerintah propinsi, BUMN, seluruh kabupaten se Indonesia termasuk Kabupaten Tanah Datar.

“APKASI Expo 2021 menjadi ajang memperkuat kerja sama perdagangan antar daerah,” kata Jokowi.

Meski begitu Jokowi ingatkan, pemerintah daerah untuk tidak melupakan pasar dalam negeri saat memperluas jangkauan ekspornya, karena Indonesia memiliki jumlah penduduk besar dan sangat potensial menjadi tujuan ekonomi. (TIA)

print

Leave a Reply