Masyarakat Kurang Merespon Program Pemerintah

Masyarakat Kurang Merespon Program Pemerintah

- in Headline, KABA NAGARI, TANAH DATAR
493
0

Batusangkar, bakaba – Program pemerintah banyak yang kurang direspon masyarakat. Pasalny program-program tersebut di nilai belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selama ini pemerintah menyusun program berdasarkan top down, untuk itu diperlukan strategi agar pembangunan benar-benar dapat menyentuh masyarakat.

Hal itu terungkap dalam kegiatan silaturahmi Pemerintah Kecamatan V Kaum dengan tokoh masyarakat setempat beberapa waktu lalu.
Afrizal SE Camat V Kaum mengatakan agar program pemerintah sesuai dengan kebutuhan masyarakat, pihak kecamatan mengajak tokoh-tokoh masyarakat untuk memberikan berbagai masukan terkait pembangunan di kecamatan. Masukan-masukan tersebut akan masuk program yang dibiayai APBD maupun melalui pokok-pokok pikiran anggota dewan.
Disamping itu untuk mengantisipasi Pekat di tengah-tengah masyarakat diharapkan tokoh masyarakat turut berperan sehingga anak kemenakan V Kaum tidak terjerumus dalam permasalahan pekat. Untuk mengantisipasi Pekat tersebut, V Kaum mempunyai program perkampungan religi, melalui perkampungan religi tersebut dilakukan pendidikan keagamaan. Kedepannya program perkampungan religi setidaknya sudah ada di setiap nagari di V Kaum.
Sementara itu Zuldafri Darma  tokoh masyarakat yang juga Waki Bupati Tanah Datar mengajak seluruh masyarakat terlibat dalam proses pembangunan di kecamatan. Hal ini memang berat, tapi dengan komitmen hal itu akan terasa ringan dan semua masalah dapat teratasi.
Pembangunan akan mencapai sasaran bila masyarakat terlibat secara aktif. Disamping itu sangat dibutuhkan berbagai inovasi-inovasi sehingga masalah-masalah dapat terselesaikan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (TIA)

print

Leave a Reply