Kenapa Pemerintah Menetapkan Empat Kompetensi Inti Kurikulum 2013…?

Kenapa Pemerintah Menetapkan Empat Kompetensi Inti Kurikulum 2013…?

- in Headline, KABA PENDIDIKAN
318
0

Oleh : Mittiarni. S. Pd. MM

( Instruktur Kurikulum 2013 KabupatenTanah Datar)

Penerapan prilaku peserta didik kearah yang yang   lebih baik  saat ini titipkan Oleh pemerintah kepada dunia pendidikan melalui Kurikilum 2013 dengan 4 Kompetensi Intinya.

Kompetensi Inti pertama dan Kompetensi Inti kedua  lebih fokus kepada proses pembelajaran  sikap Spiritual dan pembelajaran sikap sosial.Sedangkan Kompetensi Inti ketiga lebih fokus pada Kecerdasan Ilmi Pengetahuan  dan terakhir Kompetensi Inti 4 lebih menuntut Keterampilan yang harus dikuasai siswa sesuai bakat dan minatnya sehingha setrlah tamat dari sekolah itu para peserta didik punya bekal dasar ketetampilan bagi masa depannya kelak.

Kompetensi sikap spiritual fokus dan menjurus kepada penerapan prilaku yang mencerminkan nilai ketuhanan sesuai ajaran agama yang dianut  dan diyakini oleh para peserta didik.

Jika peserta didik adalah umat Islam maka cerminan prilaku tindak dalam kehidupan sehari hari harus mematuhi ajaran agama islam yaitu melaksanakan rukun islam dan meyakini Rukun Iman. seperti shalat lima waktu dan shalat sunat lainnya, seperti shalat Duha di sekola,zuhur dan ashar berjamaah disekolah ,puasa wajib dan puasa sunat Senin  dan Kamis serta hari hari tertentu lainnya.

Selain shalat dan puasa  kompetensi Inti  spiritual  itu juga menuntut kepada dunia pendidikan agar dapat meneladankan prilaku kragamaan lainnya seperti membaca dan menghafalkan bacaan ayat suci Alquran  ( tahfiz) Quran ,bersedekah,  jujur,  berkata sopan, bertingkah laku baik patuh kepada ayah ibu dan semua makhluk Allah sesuai ajaran agama.

Sedangkan untuk Kompetensi Inti kedua  Kurikulum 2013 lebih memfokuskan kepada penerapan Sikap Sosial yang lebih sempur;na matang dan dapat dikembangkan dimanapun berada.

Kehadiran Kurikulum 2013 disekolah diharapkan betul betul dapat merubah sikap dan prilaku generasi muda kedepan sehingga betul betul betul berketuhanan yang baik dan betsosialosasi dengan baik dalam kecerdasan dan keterampilan yang saling mendukung, menghilangkan perbedaan dan demi tegaknya NKRI yang utuh sempurna dalam empat pilar negara indonesia. Hiduplah Indonesia Raya…. (***)

 

print

Leave a Reply