Gunakan Kunci Ganda Untuk Antisipasi Curanmor

Gunakan Kunci Ganda Untuk Antisipasi Curanmor

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

bakaba.net, TANAH DATAR – Polres Tanah Datar mengimbau sekaligus mengingatkan masyarakat untuk memberikan kunci ganda atau tambahan terhadap kendaraan sepeda motornya.

Hal itu disampaikan Kapolres Tanah Datar AKBP Ruli Indra Wijayanto, S.I.K, M.Si melalui Kasat Reskrim IPTU Syafri, Senin (18/04/2022).

IPTU Syafri melanjutkan kunci ganda sebagai upaya mencegah terjadinya aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

“Bagi masyarakat yang mengendarai sepeda motor saat memarkirkan kendaraannya agar memberikan tambahan kunci,” katanya, di Batusangkar.

Ia menjelaskan, pemberian kunci tambahan pada sepeda motor berfungsi agar kendaraan lebih aman lagi, sehingga tidak mudah dicuri oleh para pelaku kejahatan, khususnya pelaku curanmor.

“Kunci tambahan itu agar kendaraan lebih aman. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi,” ujarnya.

IPTU Syafri menuturkan, sepeda motor walaupun sudah dalam keadaan dikunci, namun masih bisa dibongkar atau dibawa kabur oleh pelaku kejahatan. “Pelaku kejahatan ini bisa menggunakan kunci letter T,” ujarnya.

Oleh karenanya, masyarakat di Tanah Datar diimbau agar memberikan kunci tambahan agar lebih aman kendaraannya, dan selalu tingkatkan kewaspadaan.

“Selain itu, jangan sampai lupa kuncinya untuk dicabut saat memarkirkan kendaraan,” kata dia.

IPTU Syafri melanjutkan Kejahatan biasanya terjadi karena ada kesempatan dan niat dari pelaku. Masyarakat diharapkan bisa memproteksi diri serta berswadaya menjaga lingkungan sekitar untuk mengantisipasi tindak kriminalitas.

“Biasanya kejahatan distimulasi dua hal, niat dan kesempatan. Mereka (pelaku) memiliki niat, tetapi mereka juga melihat kesempatan. Karena masyarakat harus berupaya meminimalisir kesempatan itu,” tutupnya. (TIA)

print

Leave a Reply