Grand Start di Istano Basa Pagaruyung, Pembalap TdS 2017 Lewati Spot Menarik

Grand Start di Istano Basa Pagaruyung, Pembalap TdS 2017 Lewati Spot Menarik

- in Headline, Olah Raga
441
0

Batusangkar, Bakaba–Istano basa Pagaruyung yang merupakan icon pariwisata Minangkabau menjadi lokasi grand star TdS 2017, Sabtu (18/11). Hal ini tentunya membawa dampak positif terhadap kemajuan pariwisata di Tanah Datar, terutama dalam mengundang wisatawan lebih banyak lagi datang ke Kabupaten Tanah Datar.

Dalam Etape 1 Tour de Singkarak yang dilepas Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, didampingi Wagub Nasrul Abit, Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma dan sejumlah pejabat lainnya di tingkat propinsi Sumbar dan kabupaten Tanah Datar ini para pembalap menempuh jalur cukup panjang mencapai 109 km, dengan medan yang cukup bervariasi.

Mulai dari Istano Basa Pagaruyung menuju Padang, Jalur ini didominasi oleh jalur datar dengan 3 titik sprint, yaitu simabur Padang Panjang dan Lubuk Aluang.

Untuk etape 1 para pembalap akan melewati spot-spot yang menarik, salah satu spot yang indah adalah jalur yang melewati Nagari Pariangan. Pariangan dikenal luas sebagai desa terindah di dunia.

Hamparan sawah berjenjang, seluas mata memandang, ditingkahi jalur yang meliuk, menjadi daya tarik tersendiri bagi pebalap dan pengunjung. Lokasi ini menjadi salah satu tempat hunting foto dan video oleh fotografer dan videografer. Spot menarik lainnya adalah lembah anai Kecamatan X Koto Tanah Datar jalur melewati lembah anai. Jalur ini terdapat jalan mendaki dan menurun.

Pada spot ini terdapat Air terjun lembah anai, sebuah air terjun yang persis berada di pinggir jalan. Spot ini juga menjadi favorit utk hunting foto. Lepas dari lembah anai, jalur relatif datar, hampir tidak ada tanjakan. Jalan yang mulus membuat pebalap bisa memacu kecepatan.

Pebalap finish di Pantai Padang, waktu tempuh rata rata pebalap adalah 2 jam. Pada Etape 1 ini juara diraih oleh Robert Muller, posisi 2 Peerapol ChawHiangKwang, dan juara 3 Jamal Hibatullah. Robert Muller juga memborong Yellow Jersey dan Green Jersey (juara sprint). Red white Jersey diraih Jamal Hibatullah. Sedangkan untuk tim umum terbaik diraih oleh Tabriz Shahrdary team. Sedangkan team Indonesia KFC Cycling Team.(TIA/WD)

print

Leave a Reply