Diduga Lalai Ganti Instalasi Listrik, Satu Unit Rumah Ludes Terbakar

Diduga Lalai Ganti Instalasi Listrik, Satu Unit Rumah Ludes Terbakar

- in Headline, TANAH DATAR
668
0

Pariangan, bakaba – Satu unit rumah milik Azis (60 thn) warga Nagari Tabek Kecamatan Pariangan Tanah Datarludes terbakar Senin (03/04). Penyebab kebakaran untuk diduga korsleting listrik.

Kasat Pol PP dan Damkar Ir. Nuryeddisman mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 11.40 WIB, api mulai melalap rumah permanen dengan ukuran 6 X 10 M2 milik Azis.

“Kebakaran diduga disebabkan korseting listrik”, ujarnya.

Masyarakat menurut Nuryeddisman cendrung lalai dalam melakukan pengecekan dan peremajaan instalasi listrik rumah. Sesuai anjuran dari PLN. 

Instalasi listrik rumah seharusnya dilakukan pengganti dan peremajaan instalasi antara 5 atau 10 tahun. Sebab bisa saja instalasi listrik rumah sudah rusak menjadi rawan menyebabkan konsleting listrik. 

Kerusakan instalasi listrik itu sendiri dapat karena digigit binatang pengerat seperti  digigit tikus, musang dan hewan pengerat lainnya. Selain itu, minimnya pengetahuan akan keterbatasan penggunaan stop kontak atau fiting listrik juga bisa menyebabkan kebakaran.

Nuryeddisman mengatakan bahwa pada peristiwa kebakaran ini, 3 mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api.

“Ada 3 armada yang kita turunkan. Alhamdulillah sudah berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran rumah yang dihuni satu kepala keluarga ini,” Pungkas Nuryeddisman. 

Dalam kebakaranan yang tidak menelan korban jiwa itu ditaksir nilai kerugian mencapai Rp 70 juta tambahnya. (KAMBA)

print

Leave a Reply