Destinasi Wisata Aur Serumpun Batusangkar: Rasakan Sensasi Negeri Swiss di Tanah Minang

Destinasi Wisata Aur Serumpun Batusangkar: Rasakan Sensasi Negeri Swiss di Tanah Minang

- in Headline, News, TANAH DATAR
0
Tanah Datar, bakaba.net – Sebentar lagi liburan panjang lebaran, tentu hal itu sangat menyenangkan dengan mengunjungi berbagai objek wisata.
Tidak jarang liburan panjang itu dinanfaatkan dengan mengunjungi objek-objek wisata yang berada di luar negeri. Hal itu tentu tidak menjadi masalah bagi kalangan ber”uang”.
Tetapi mengapa harus jauh-jauh ke luar negeri, bila daerah kita Tanah Datar juga mennyuguhkan pemandahan yang tidak kalah indah. Bahkan disalah satu objek wisata di Kota Budaya itu, kita bisa merasakan sensasi seperti sedang berada Swiss.
Bahkan Bupati Eka Putra beberapa waktu yang lalu pernah mengajak AHY putra mantan Presiden RI untuk merasakan sensasi sedang berada di Swiss.
AHY sendiri bersama rombongannya tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dengan lansung memutuskan mendirikan tenda disana, agar bisa menyaksikan keindahan baik saat matahari tenggelam, maupun terbit dari lokasi itu.
Lalu apakah nama objek wisata yang dapat merasakan sensasi berada di Swiss itu? Jawabnya kunjungi Aur Serumpun, sebuah destinasi wisata yang menyajikan pemandangan danau dan pegunungan layaknya di negeri Swiss.
Terletak di daerah Padang Luar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Aur Serumpun menawarkan panorama yang memukau.
Perjalanan menuju destinasi wisata Aur Serumpun ini dari kota Batusangkar melalui jalur Siturah sungguh mengasyikkan, dengan kondisi jalan yang bagus dan pemandangan alam yang memesona.
Namun, perlu diingat bahwa perjalanan ini tidaklah mudah. Medan yang ekstrim dengan banyak tanjakan dan beberapa bagian jalan yang belum diaspal membuatnya membutuhkan perhatian ekstra.
Kendaraan yang digunakan pun harus dalam kondisi prima, tidak disarankan untuk kendaraan berjenis sedan.
Sampai di puncak Aur Serumpun, pengunjung akan dikenakan retribusi sebesar Rp10.000, sangat terjangkau mengingat keindahan pemandangan yang disajikan.
Di puncak, terdapat sekelompok bambu yang tumbuh, disebut Aur, yang menjadi tempat berteduh bagi pengunjung.
Dari puncak, pengunjung dapat menikmati dua pemandangan sekaligus. Ke arah barat, terhampar Danau Singkarak yang memukau, sedangkan ke arah timur, terlihat Pegunungan Bukit Barisan yang menakjubkan.
Tidak hanya pemandangan alam yang menawan, pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas seperti rumah pohon dan area parkir.
Selain itu, rencananya juga akan dibangun kolam renang dan beberapa villa untuk menambah kenyamanan pengunjung.
Namun, perlu diperhatikan bahwa kondisi jalan menuju kolam renang masih belum memadai, dengan jalan yang menurun dan belum diaspal sepenuhnya. Pengunjung disarankan untuk berhati-hati, terutama saat cuaca tidak mendukung.
Meskipun demikian, pengalaman mengunjungi Aur Serumpun sangatlah memuaskan. Pemandangan yang indah dan udara segar dari pegunungan Bukit Barisan benar-benar memanjakan mata dan jiwa.
Maka dari itu, jika Anda berencana berkunjung ke Sumatera Barat, Aur Serumpun adalah destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.
Demikianlah rekomendasi destinasi wisata Aur Serumpun yang berada di Sumatera Barat, rasanya seperti di negeri Swiss. (***)

Leave a Reply