BBPOM Temukan Sarden Bercacing, Masyarakat Resah

BBPOM Temukan Sarden Bercacing, Masyarakat Resah

- in EKONOMI, Headline, TANAH DATAR
1280
0

Batusangkar, bakaba – Masyarakat Tanah Datar resah dengan adanya temuan produk ikan kalengan yang di identifikasi parasit anisakis. Apalagi dalam monitoring BBPOM Jum’at 23/03 menemukan 124 kaleng sarden merek HOKI yang di impor oleh PT Interfood Sukses Jasindo.

Untuk mengantisipasi keresahanan masyarakat, diharapkan BBPOM dan instansi terkait segera melakukan sosialisasi kemasyarakat terkait jenis makanan yang mengandung parasit yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

Rifki salah seorang warga Batusangkar yang berhasil ditemui bakaba.net menuturkan banyak yang tidak mengetahui terkait adanya temuan tiga produk ikan dalam kaleng yang teridentifikasi mengandung parasit anisakis.

Selama ini menurutnya masyarakat kurang memperhatikan merek dan mutu produk, tetapi lebih tergoda dengan harga yang lebih murah. Dengan adanya temuan ikan kalengan yang mengandung parasit anisakis di Batusangkar, hal ini membuat warga resah dan di harapkan BBPOM segera menarik ikan kalengan tersebut.

Sementara itu Putri pengelah swalayan kurniamart mengatakan tidak menjual ikan kalengan merek 10, famer jack dan Hoki yang terindentifikasi mengandung cacing. Swalayan yang dia kelolah hanya menjual ikan kalengan merek Milli, ABC, Abate dan Botan.

Temuan BBPOM ikan kalengan merek Hoki di pasar Batusangkar akan berdampak pada penjualan produk ikan kalengan merek lainnya, karena adanya ketakutan warga mengkomsumsi ikan kalengan. Hal ini tentu akan berdampak pada penjualan khususnya produk ikan mackerel dalam saus tomat .

Hal senada juga disampaikan Wahyu dari ASR PT. Indolakto menurutnya ikan sarden dalam kaleng merek 10, farmer jack dan Hoki beberapa tahun yang lalu pernah beredar di Tanah Datar. Tetapi ketiga produk tersebut kurang diminati konsumen.

Temuan BBPOM terhadap ikan dalam kemasan kaleng yang mengandung cacing akan membuat masyarakat resah dan menurunkan penjualan produk kalengan.

Untuk itu diharapkan BBPOM dan instansi terkait mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa tidak semua ikan dalam kemasan kaleng mengandung cacing, sehingga tidak menurunkan minat masyarakat. Apalagi ikan sarden juga dapat memberikan nutrisi bagi tubuh.

Sebelumnya tiga produk ikan mackerel dalam saus tomay teridentifikasi mengandung parasit anisakis. Ketiga ikan dalam kaleng tersebut yaitu 10 importir PT Maxindo Mitra Perkasa, Farmer jack importir PT Mitra Niaga Indonesia dab HOKI importir PT Interfood Sukses Jasindo. (TIA)

print

Leave a Reply