Atlet Nasional, Tampil Jadi Pemateri Pelatihan Satgas Tanah Datar

Atlet Nasional, Tampil Jadi Pemateri Pelatihan Satgas Tanah Datar

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net — Pelatih dan atlit Federasi Arung Jeram (FAJI) Tanah Datar Serma Nursal Linggo tampil sebagai pemateri Pelatihan Satgas Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Tanah Datar.

Atlet arung jeram yang sudah menjuarai berbagai kejuaraan arung jeram Nasional dan Internasional ini tercatat anggota Kodim 0307 Tanah Datar.

Nursal Linggo yang biasa disapa bg Nursal ini dalam pelatihan tersebut menyampaikan materi Water rescue.

Water rescue kata Nursal merupakan kegiatan pertolongan atau penyelamatan serta cara pemindahan korban dari perairan seperti kolam, sungai, dan laut.

Materi water rescue itu sendiri untuk melatih ketrampilan relawan dan anggota Satgas dalam memberikan pertolongan korban banjir serta korban tenggelam di sungai, laut, waduk dan lain sebagainya sambung Nursal.

Sementara itu Dandim Tanah Datar Letkol.Inf.Wisyudha Utama
menjawab wartawan Rabu (09/12/2020) mengatakan Satgas di Tanah Datar harus dibekali water rescue.

“Wilayah Tanah Datar yang memiliki banyak sungai berair deras serta danau, maka satgas harus paham tentang water rescue,” katanya.

Sementara latihan water rescue bertujuan untuk membekali pengetahuan kepada Satgas saat melaksanakan tugas maupun saat melakukan Operasi SAR di air. Seperti orang terseret ombak di pantai dan orang tenggelam di sungai dan sebagainya.

“Satgas harus mengetahui SOP dan safety saat melaksanakan operasi SAR di air,” katanya.

Pelatihan Satgas Nagari Pagaruyung diikuti 30 orang pemuda dan pemudi nagari setempat.

Materi pelatihan Satgas Nagari meliputi pertolongan pertama gawat darurat ( PPGD ), Vertical Rescue, GPS dan Pemetaan, Navigasi Darat dan water rescue. (TIA)

print

Leave a Reply