Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma Lantik 52 Wali Nagari

Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma Lantik 52 Wali Nagari

- in Headline, KABA NAGARI
1194
0

Batusangkar, Bakaba–Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma melantik Lima puluh dua dari lima puluh empat orang Wali Nagari terpilih dalam Pilwanag serentak 2017. Sementara Wali Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum dan Wali Nagari Tanjung Baru belum dilantik pada kesempatan tersebut.

Pelantikan 52 Wali Nagari terpilih berlansung di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Senin 13/11. Sebelum prosesi pelantikan ke 52 orang Wali Nagari terpilih di arah dari Gedung Indo Jalito menuju gedung pelantikan.
Pelantikan Wali Nagari terbanyak tersebut di hadiri oleh Forkopinda Tanah Datar dan Padang Panjang, OPD se Tanah Datar, Forkopinca dan mantan PJ Wali Nagari dari 52 Nagari.

Ketua pemilihan kabupaten Hardiman Mengatakan saat ini dilantik 52 Wali Nagari dari 54 Wali Nagari terpilih hasil pemilihan Wali Nagari serentak Kabupaten Tanah Datar tahun 2017. Pada tahap pendaftaran, 232 orang mengajukan pencalonan Wali Nagari. Pasalnya ada Balon yang lebih dari 5 orang bahkan ada yang sampai 13 orang.

Selanjutnya panitia melakukan seleksi tertulis, wawancara dan penilaian kriteria persyaratan, sehingga dari 135 orang bakal calon yang lulus seleksi sebanyak 95 orang
Persentasi keikut sertaan masyarakat dalam pilwanag serentak cukup tinggi atau sebesar 61,3%..

Dalam pelaksanaan pemilihan Wali Nagari serentak 2017 Panitia Pemilihan Kabupaten juga menerima gugatan darj Ahmad Saleh, Bakal Calon Wali Nagari Lubuk Jantan Kecamatan lintau Buo Utara, gugatan tersebut dilanjutkan ke Pengadilan Tata Usaha Padang. Gugatan menyangkut pelaksanaan seleksi calon Wali Nagari dan saat ini sudah masuk tahap persidangan.

Ketua PKK Tanah Datar Emi Irdinansyah Tarmizi mengatakan keberadaan PKK akan kuat bila di dukung seluruh stake holder. Gerakan PKK sudah dapat pengakuan nasional dan perlu ditingkatkan.

Gerakan PKK di dorong untuk meningkatkan jaringan kerjasama.Perlu peningkatan pada pos yandu karena ditemukan kasus gizi buruk, program PKK hrs berkesenambungan serta hrs berusaha dalam meningkatkan perekonomian.

Emi Irdinansyah juga menghimbau Wali Nagari untuk menganggarkan anggaran agar 10 program pokok PKK dapat terlaksana dan berjalan dengan sebaik2nya
Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra mengatakan, hari ini 52 Wali Nagari yang sebelumnya dijabat oleh Pj (Penjabat) kini, karena mulai hari ini sudah punya wali nagari defenitif.

Masyarakat sangat antusias dalam Pilwanag dan sekarang mereka menunggu kinerja wali nagari terpilih. Untuk itu di harapkan wali nagari terpilih agar bekerja maksimal.
Pelaksanaan Pokir belum teralisasi bahkan ADD tahap II jg belum cair. Untuk itu di harapkan kepada wali nagari terpilih dalam mempergunakan ADD dengan transparan karena kami tidak mau wali nagari tersangkut kasus hukum.

Sementara itu tokoh masyarakat Hendra Irwan Rahim menghimbau wali nagari menanggaran anggaran untuk PKK agar 10 program pokok PKK dapat berjalan dengan baik.

Pelaksanaan Pilwanag di Tanah Datat sangat luar biasa, karena tidak ada gesekan, meski hanya kalah tipis. Pesta demokrasi d TD dapat di jadikan contoh bagi Sumatera Barat.

Khusus dalam mengunakan anggaran diharapkan para wali nagari untuk lebih berhati-hati, agar tidak tersangkut masalah hukum. Apalagi sudah ada surat Kapolri agar pengunaan anggaran desa benar-benar sudah sesuai dengan aturan serta dalam pengelilahannya harus transparan.

Wakil bupati Tanah Datar Zudafri Darma
Mengatakan saat ini WN yang bisa dilantik hanya 52 orang, wali nagari terpilih Cubadak jauh-jauh hari sudah merencanakan perjalanan ibadah umbroh dan wali nagari terpilih Barulak Kecamatan Tanjung Baru tidak bisa dilantik, karena yang bersangkutan sedang sakit.

Wali Nagari terpilih diharapkan dapat merangkul seluruh kelompok masyarakat yang ada tanpa melihat sekat-sekat agar dapat meningkatkan pelayanan, kesehatan dan pendidikan serta perekonomian masyarakat. (TIA)

print

Leave a Reply