Tanpa Anggota DPRD, Musrenbang Kumango Tetap Berlangsung Semarak

Tanpa Anggota DPRD, Musrenbang Kumango Tetap Berlangsung Semarak

- in Headline, KABA NAGARI, TANAH DATAR
1075
0

Tanah Datar, bakaba.net—Meskipun tak seorangpun anggota DPRD Tanah Datar dalam acara Musrenbang Nagari Kumango Kecamatan Sungai Tarab, namun kegiatan tahunan dalam rangkaian perencanaan pembangunan nagari tetap berlangsung semarak, bahkan mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat setempat yang digelar di Kantor Wali Nagari, Kamis (23/1).

Wali Nagari Kumango Iis Zamora dalam kesempatan tersebut meminta kepada masyarakat tidak berkecil hati dengan tidak hadirnya wakil rakyat di acara Musrenbang, karena kita yakin mereka tetap akan memperjuangkan aspirasi rakyat Kumango yang memiliki hak pilih sekitar 1.500 orang pada Pemilu 2019 lalu.

“Anggota DPRD dalam kegiatan Musrenbang hari ini bukan berarti mengucilkan Nagari Kumango, tetapi anggota DPRD Tanah Datar sedang bertugas ke luar daerah. Jika Kumango dikucilkan, tahun 2024 kedepan kita siap mengantarkan putra Kumango ke DPRD,” kata Iis Zamora.

Berkaitan dengan realisasi anggaran Nagari Kumango Tahun 2019, Iis Zamora mengatakan, pendapatan dianggarkan Rp.1,92 Milyar lebih, sementara realisasi Rp.1,91 Milyar lebih. Sedangkan belanja dianggarkan Rp.2,1 Milyar lebih, sementara realisasi Rp.1,79 Milyar lebih, sehingga bila kita lihat Silpa (Sisa lebih penggunaan anggaran) Rp.354.592.724,-

Mernurut Wali Nagari Iis Zamora, tahun 2019 kita sudah sukses melaksanakan MTQ Nasional Tingkat Kecamatan Sungai Tarab, kemudian mengadakan pelatihan menjahit, perbaikan beberapa ruas jalan dengan rabat beton, pelatihan Satgad Bencana dan lain.

Ia juga mengajak warga Kumango untuk kembali mengaktifkan kembali pembuatan pupuk kompos atau pupuk organik, terutama dalam mengantisipasi kelangkaan pupuk ditengah-tengah masyarakat, termasuk dikalangan masyarakat atau petani Nagari Kumango.

Wali Nagari Kumango usai membuka secara resmi Musrenbang dilanjutkan dengan pengarahan oleh Ketua Tim Musrenbang Kabupaten Tanah Datar Ermon Revlin Staf Ahli serta dialok inter aktif yang dipandu oleh Camat Sungai Tarab Afrizal Ayah.(WD)

print

Leave a Reply