Ruas Kelok Situjuah Pembukaan Jalan Terpanjang TMMD 106 Di Indonesia

Ruas Kelok Situjuah Pembukaan Jalan Terpanjang TMMD 106 Di Indonesia

- in Headline, LIMAPULUH KOTA, News
317
0

Payakumbuh,  bakaba.net — Satgas TMMD 106 Kodim 0306/50 Kota  membuka ruas jalan terpanjang dalam pelaksanan TMMD tahun 2019. Ruas jalan penghubung Nagari Situjuah Ladang Laweh dan Nagari  Situjuah Tungka Kecamatan Situjuah Limo Nagari Payakumbuh sudah didamba warga sejak belasan tahun yang lalu.

Sebelumnya warga setempat harus tinggal di gubuk kecil dalam hutan untuk mengolah lahan perkebunan mereka. Terkadang berhari-hari tidak pulang kerumah karena medan yang ditempuh sangat terjal.

“Warga kami terpaksa harus tinggal berhari-hari dalam hutan untuk mengolah lahan,  karena belum adanya akses jalan,” Kata Yusrizal Datuak Pado Wali Nagari Situjuah Tungka.

Yusrizal menyebutkan warganya sudah lama mendampakan adanya ruas jalan yang menghubungkan kedua nagari tersebut, impian warga itu baru dapat terlaksana setelah adanya pelaksanaan TMMD.

Ruas jalan yang disebut Kelok Situjuah ini akan meningkatkan perekononian warga setempat,  dan memperpendek jarak tempuh untuk membawa hasil-hasil pertanian.

Dan. Satgas TMMD 106 Kodim 0306/50 Kota Letkol. Kav. Solikhin, S. Sos, M.M mengatakan ruas jalan Kelok Situjuah merupakan pembukaan jalan baru dan menghubungkan dua nagari di Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

“Pembukaan ruas jalan Kelok Situjuah merupakan pembukaan jalan baru terpanjang dalam pelaksanaan TMMD 106 tahun 2019,” kata Solikhin.

Ruas jalan Kelok Situjuah ini sangat potensial untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata baru di Payakumbuh,  selain alamnya yang indah,  ruas itu juga ada Wisata sejarah batu sandaran rajo.

“Batu sandaran rajo itu berdasarkan informasi warga merupakan sebuah batu tempat rajo bersandar saat melakukan perjalan ke daerah itu, ” Tutup Solikhin.  (TIA)

print

Leave a Reply