Menikmati Aneka Kuliner dan Balanja Murah di Pasar Kaget Brigif Cimahi

Menikmati Aneka Kuliner dan Balanja Murah di Pasar Kaget Brigif Cimahi

- in Headline, KABA WISATA, NASIONAL
3210
0
Para pengunjung Pasar Kaget Brigif sedang menikmati kuliner berupa lontong pecel.(Foto : Wirmas Darwis)

Bandung, Bakaba–Pasar Brigif merupakan sebuah pasar kaget yang diadakan di lapangan milik Brigif 15/Kujang II Siliwangi, sebuah satuan militer di Kota Cimahi. Kenapa disebut pasar kaget, bukan karena bikin kaget orang, tapi karena emang sehari-harinya lapangan itu kosong, tapi hanya di hari minggu, tiba-tiba disulap menjadi sebuah pasar dengan ribuan pengunjung.

Luas pasar dengan radius sekitar 1 km ini, sejak habis sholat subuh sudah banyak dikunjungi warga, bahkan sekitar jam 7.00 hingga jam 10.00 perjalanan menuju pasar ini sudah begitu macet. Para pedagang sebelum masuk waktu subuh sudah membuka lapakknya di area masuk ke Pasar Brigif.

Setiap Minggu pagi memang banyak pedagang dan masyarakat tumpah ruah di kompleks lapangan tersebut. Ada yang jualan pakai tenda, ada yang semi kios ada yang kaki lima an, dan ada juga yang jualan dengan mobil pribadi. Disini banyak variasi item yang diperdagangkan dari kuliner, fashion, perlengkapan rumah tangga atau hal entertainment lainnya. Tidak hanya jualan, disini juga banyak atraksi, show dan sebagainya.

Kenapa orang ramai datang ke Pasar Berigif, karena pasar ini memiliki keunggulan dari pasar kaget lainnya, baik dari segi area jelajah yang cukup luas maupun dari segi yang lebih murah dari pada di super market maupun pasar swalayan lainnya.

Para pengunjung di pasar ini masih punya kesempatan untuk bisa bernafas dengan lega, walaupun beberapa jalan itu benar-benar susah buat jalan, karena begitu padatnya pengunjung. Sebenarnya pasar kaget itu tidak berdiri di atas lapangannya, namun hanya di kompleks sekitarnya saja.

Sementara lapangannya sendiri kadang masih dipakai untuk olahraga, entah ada yang sedang main bola, atau sedang jogging di track yang mengelilinginya. Di sekeliling kompleks pasar Brigif juga ada lapangan tenis, kolam renang dan tempat untuk melakukan senam kesegaran jasmani.

Meskipun pasar ini berada dilingkungan Brigif 15/Siliwangi II, namun para pengunjung harus tetap waspada, terutama mengenai barang-barang berharga yang dibawa agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Di kanan-kiri banyak sekali jualan kaos, baju, jaket, jilbab, dan segala fashion termasuk kacamata, kalung, dan batu akik.

Sejumlah kebutuhan pengunjung dijual disini, mulai dari jualan perlengkapan rumah tangga, perkakas dapur, bahan memasak, dan juga sampai jualan motor dan mobil. Rasanya semuanya dijual di pasar ini. Ternyata area berjualannya sangat luas, jadi bagi yang seneng jalan-jalan belanja, disinilah tempatnya.

Tetapi di tempat ini sangat rentan sekali membuat orang yang datang capek dan lelah, karena harus jalan-jalan kemana-mana dari ujung ke ujung. Tentunya selain capek, yang pasti dirasakan adalah lapar dan haus. Tetapi hal ini sudah diantisipasi oleh para penjual disitu, dengan menciptakan pasar brigif juga sebagai pasar kuliner kaget.

Bubur ayam, lontong pecel, kupat tahu, nasi uduk, surabi, mi ayam, baso, dan minuman lainnya sudah siap menanti para pengunjung yang lapar dan haus. Berbagai jenis es juga tersedia, termasuk es goyobod khas bandung yang terkenal itu. Tidak hanya itu, banyak permainan anak juga ikut serta meramaikan pasar briegif, seperti odong-odong, pancing-pancingan maupun bermain dengan hewan, seperti kelinci, marmut.

Ada juga bermain dengan ular dan foto bareng, nah lohh ini permainan anak atau permainan ekstrem ?
Pasar Brigif yang jelas pada hari minggu menjadi sentra hiburan bagi masyarakat kota cimahi dan sekitarnya, mungkin sama halnya Gasebu untuk warga kota Bandung. Tidak jarang warga kota Bandung malah datang ke Brigif untuk belanja atau wisata kuliner.(WD)

print