Generasi Mellenia Patut Contoh Jiwa Patriotik Legiun Veteran

Generasi Mellenia Patut Contoh Jiwa Patriotik Legiun Veteran

- in Headline, TANAH DATAR
338
0

Batusangkar, bakbaba – Legiun Veteran memiliki jiwa patriotik yang patut dicontoh dan ditiru generasi mellenia. Pasalnya meski sudah berusia lanjut, para pejuang kemerdekaan tersebut tetap datang dan mengikuti upacara detik-detik peringatan HUT RI

Hal tersebut disampaikan Bupati Irdinansyah Tarmizi dalam temu ramah demgan legium veteran Republik Indonesia di gazebo Indo Jalito Batusangkar.

Dalam ramah tamah terlihat Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi bersama Forkompinda, Sekda Hardiman Ketua TP PKK Ny. Emi Irdinansyah dan Ketua DW Persatuan Tanah Datar Ny. Yes Hardiman melaksanakan temu ramah dengan Legiun Veteran Republik Indonesia dan Pejuang di Gazebo Indo Jolito, Jum’at (17/8).

Dalam sambutannya, Bupati Irdinansyah menyampaikan apresiasi dan rasa bangga melihat para pejuang yang sudah uzur secara umur namun sangat antusias dan semangatnya mengikuti rangkaian upacara bendera.

“Kita menyaksikan tadi banyak dari para pejuang kita yang sudah kesulitan berjalan, bahkan dipapah oleh anak atau cucunya, namun tetap semangat sudah datang pagi-pagi dari berbagai penjuru di Tanah Datar untuk mengikuti upacara hari kemerdekaan dengan seksama,” ucap Irdinansyah.

Semangat yang diperlihatkan para pejuang kemerdekaan ini sebut bupati harus dimaknai sebagai warisan jiwa patriotik yang tinggi kepada generasi saat ini dan generasi penerus bangsa.

“Semakin tahun semakin berkurang para pejuang kita, karena dipanggil Allah SWT, kita tentunya merasa kehilangan dan saya banyak belajar dari para tokoh-tokoh veteran bahkan sering ditelpon langsung untuk memberi masukan kepada saya,” sampai bupati lagi.

Disampaikan juga Program Pugar Rumah Masyarakat Tidak Mampu (Gapura Mantap) harus juga menyasar para veteran. “Tahun 2018 ini akan direhab sebanyak 1.000 rumah tidak layak huni di Tanah Datar, seandainya masih ada dari orang tua kita para veteran yang masih tinggal di rumah tidak layak huni, tentunya akan dibantu, sesuai target pada akhir tahun 2021, selesai dibantu untuk 3.600 rumah tidak layak huni di Tanah Datar,” jelas bupati menanggapi saran Ketua DPRD.

Pemerintah daerah sebut bupati juga akan mengupayakan perbaikan markas LVRI Kabupaten Tanah Datar tahun ini.

Sebelumya ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra menyampaikan rasa bangga kepada veteran dan pejuang atas jasa-jasanya merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Nilai-nilai kebangsaan ini yang harus diwarisi di tengah semakin menurunnya rasa cinta tanah air dibuktikan rendahnya kesadaran masyarakat memasang bendera di rumah masing-masing, tapi saat ini peringatan HUT kemerdekaan sudah meriah,” sampai Anton.

Selain itu, Anton menyarankan agar veteran yang masih tinggal di rumah tidak layak huni mendapat prioritas program rehab rumah.

Sementara itu Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Tanah Datar A. Majid menyampaikan lahirnya (organisasi) veteran pada tanggal 19 Desember 1959 dan tetap eksis sampai hari ini.

Salah seorang veteran Mukhtar (90 tahun) menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang tetap punya perhatian terhadap kesejahteraan veteran.

Di kesempatan itu Mukhtar menyarankan sebagai bentuk penghargaan kepada pejuang yang sudah wafat, agar diabadikan nama untuk jalan-jalan yang ada di Tanah Datar. (ANGGI/ICA)

print

Leave a Reply