Dandim 0312 Padang Letkol Kav. Eryzal Dialog Tupoksi TNI di TVRI

Dandim 0312 Padang Letkol Kav. Eryzal Dialog Tupoksi TNI di TVRI

- in Headline, PADANG
532
0

Padang, bakaba – Dandim 0312 Padang Letkol Kav.  Eryzal SE didampingi Pasiter Kapten Inf.  Setianis dialog khusus dengan topik peran dan fungsi Kodim ditengah-tengah masyarakat.  Dialog berlansung di studio TVRI Padang Selasa (13/03).

Pada tersebut Eryzal menyampaikan tentang tupoksi TNI diantaranya melakukan operasi militer perang serta membantu Polri dalam menjaga keamanan wilayah teritorial serta meningkatkan swasembada pangan yang sudah direncanakan seluas 6.400 H. 

Disamping itu menurut Eryzal TNI juga berperan meningkatkan wawasan kebangsaan bagi siswa dan pelajar agar lebih mencintai NKRI serta mensosialisasikan tentang bahaya pengunaan narkoba,  hal ini untuk menjauhkan generasi muda dari bahaya narkoba. 

Bahkan menurutnya TNI juga berperan dalam bidang kesehatan,  penyaluran bantuan agar tepat sasaran. Disamping itu masyarakat juga dapat mengunakan alat-alat untuk pengolahan lahan milik TNI untuk mengolah lahan-lahan milik masyarakat. 

“Masyarakat dapat meminjam alat -alat pertanian seperti hand traktor.  Untuk peminjanan dan pemakaian alat tersebut petani mengajukan proposa”, ujarnya. Untuk menjaga swasembada pangan Menteri Pertanian RI dan Kasat sudah melakukan MoU dan bekerjasama dengan Bulog untuk menyerap gabah petani. 

Sementara untuk menciptakan keamanan khususnya penanggulangan gank motor serta anak jalanan Kodim dan Polres bersinergi agar tercipta kota Padang yang tertib, aman, nyaman serta ramah bagi anak dan perempuan. 

Pada kesempatan tersebut Dandim 0312 juga menyampaikan tentang pengamanan Pilkada serentak yang sudah semangkin dekat Kodim dan Polres akan bersama-sama menjaga agar Pilkada berjalan aman dan lancar,  hal itu sesuai prinsip pelaksanaan Pilkada Badunsanak tetapi dalam hal ini TNI tetap mengedepankan netralitas dengan tidak memihak salah satu paslon. 

Sementara Pasiter Setianis juga menyampaikan beberapa point diantaranya adanya bantuan dari Pemerintah percepatan panen dan pengolahan lahan, hal ini agar lahan-lahan pertanian lansung diolah setelah panen. 

“Khusus untuk wilayah kota Padang ketersediaan pangan untuk jagung, padi dan kedelai cukup banyak”, ujarnya. Tetapi tambah Setianis lahan pertanian dalam setahun bisa empat kali panen, untuk itu Kodim sedang mencoba merobah pola pikir petani sehingga memahaminya. 

Untuk mendukung h itu para Babinsa Kodim selalu bekerjasama dengan pemerintah daerah khususnya dalam bidang pertanian. (TIA)

print

Leave a Reply