Bibit Ikan Langka Dapat Mengganggu Perekonomian Masyarakat

Bibit Ikan Langka Dapat Mengganggu Perekonomian Masyarakat

- in EKBIS, Headline
1378
0
Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kab.Tanah Datar Ir.Yulfiardi

Batusangkar, Bakaba—Kepala Dinas Pakan (Pangan dan Perikanan) Tanah Datar Ir.Yulfiardi menegaskan, kelangkaan bibit ikan yang terjadi di Kabupaten Tanah Datar akhir-akhir ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut dan perlu diantisipasi sedini mungkin, karena dapat mengganggu perekonomian  mayarakat.

“Kita memang tidak menutup mata terhadap sulitnya mendapatkan bibit ikan pada BBI atau Balai Benih Ikan yang ada di Kabupaten Tanah Datar, sehingga masyarakat banyak yang membelinya ke daerah tetangga seperti Payakumbuh dan 50 Kota,” kata Kepala Dinas Pakan Yulfiardi ketika ditemui di kantornya, Senin (16/1).

Dikatakan, untuk memaksimalkan pengadaan bibit ikan ditengah-tengah masyarakat ini, Dinas Pakan Tanah Datar telah melakukan pertemuan dengan Kepala BBI dan pengelola bibit ikan di berbagai BBI yang ada untuk menyatukan tekad, mengembangkan bibit ikan yang dapat dibeli masyarakat.

Kabupaten Tanah Datar telah memiliki BBI sekitar enam lokasi masing-masing BBI Sijangek Kecamatan Sungai Tarab, Padang Magek Kecamatan Rambatan, Kapuah Pagaruyuang Kecamatan Tanjung Emas, Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting dan BBI Buo Kecamatan Lintau Buo.

“Kita yakin, bila seluruh BBI ini dapat memberikan kontribusi bibit ikan kepada masyarakat, sudah hampir dipastikan para petani ikan tidak akan lagi membiarkan tebat ikannya tak berisi bibit ikan,” kata Kadis Pakan Yulfiardi menambahkan.

Ia berharap, pertemuan yang berlangsung dengan Kepala BBI dan Pengelola Bibit Ikan ini akan menjadi titik awal pemacu semangat jajarannya untuk betul-betul siap menjawab segala permasalahan yang ada dikalangan petani ikan. Kita tidak akan membiarkan masyarakat mengeluarkan biaya lebih tinggi untuk mendapatkan bibit ikan berkualitas.(WD)

print

Leave a Reply