Bersama Membangun Nagari Yang Beriman, Aman Dan Sejahtera

Bersama Membangun Nagari Yang Beriman, Aman Dan Sejahtera

- in Headline, OPINI
0

Oleh: Budiman Dt.Malano Garang

A. NAGARI YANG BERIMAN

Firman Allah Swt.: jika penduduk suatu Nagari beriman dan bertaqwa kepada Allah maka akan Kami datangkan keberkahan dari Langit dan dari dalam bumi ( Surat al a’raf ayat 96 )

Sebagai warga yang beriman kita sangat yakin dengan berbekal Iman dan Taqwa Masyarakat yang Aman dan Sejahtera akan terwujud. Allah berfirman : Berbekal bekallah kamu, Sebaik baik Bekal adalah Taqwa.

Sebagai warga Masyarakat Nagari yang baik Agar masyarakat Beriman bisa kita wujudkan, maka kita bisa melakukan hal hal sbb :

1. Ikut serta berpartisipasi membangun masjid dan Mushallah yang Bersih dan indah fisiknya, Ramai jamaahnya, semarak kegiatan keagamaannya, dengan Menjadi Jamaah tetap, ikut beramal memberikan sumbangan Dana, Pemikiran, tenaga dll.

2. Ikut serta Meningkatkan kemakmuran Masjid dan Mushalla di Nagari , dg ikut sholat berjamaah 5 waktu, Wirid Rutin, TPA, Tahfidz dll.

3. Ikut serta meningkatkan kegiatan2 Syiar syiar Islam baik kwantitas maupun kwalitasnya, menghidupkan kegiatan lomba2 kegiatan Keagamaan seperti MTQ, Khutbah Jumat, Pidato/ ceramah, PHBI dll.sebagai motivasi penyemangat generasi.

B. NAGARI YANG AMAN

Nagari Yang Aman, yang dimaksud adalah Nagari yang Aman dari Sampah, Penyakit menular dan Penyakit Masyarakat. Untuk itu semua warga Nagari bisa berpartisapsi melakukan hal hal sbb :

1. Membersihkan Rumah dan lingkungan rumah kita masing2, dg membuang sampah pada tempatnya, Karena kebersihan itu adalah sebagian dari Iman ( alhadits )

2. Ikut menjaga Kebersihan Sungai dan Bandar di Nagari, dengan tidak membuang sampah ke dalam sungai dan Bandar tersebut.

3. Ikut Menjaga Sungai dan Bandar2 di Nagari, sebagai sungai dan Bandar yang bersih dg memelihara ikan larangan yg bermanfaat bagi kegiatan pemuda dan Nagari.

4.Ikut serta dalam Goro Jorong dan Nagari membersihkan jalan2 utama, jalan lingkungan dan Bandar2 lingkungan, karena kebersihan itu adalah pangkal dari Kesehatan. Dan ikut gotong royong adalah termasuk kegiatan ibadah dan amal sholeh, Karena Allah dan RasulNya mencintai Kebersihan dan orang yang membersihkan diri. (Alquran)

5. Tidak ikut terlibat dalam kegiatan dan Perbuatan yang termasuk Penyakit masyarakat, Perbuatan yg bertentangan denan hukum Negara dan Agama seperti Judi, Miras, Narkoba,Zina, LGBT, Mencuri, Perkelahian Permusuhan dll. Karena Allah melarang kita dari Perbuatan Keji dan Mungkar.

6. Ikut serta dalam kegiatan2 bermanfaat seperti Olah Raga, bola kaki, Silat, pidato adat, dan Kegiatan bermanfaat lainnya di Nagari . Karena Allah lbh mencintai orang beriman yang sehat dan kuat. ( alhadits )

C. Nagari Yang Sejahtera

Nagari yang sejahtera yang kita maksud adalah Nagari yang masyarakatnya Mandiri secara Ekonomi, bisa memenuhi kebutuhan Sandang Pangan dan Papannya, Sedikit Angka kemiskinannya, mampu menunaikan kewajiban Rukun Islam yang 5 dan yang ke 5 Naik haji ke Mekah dan umroh. Untuk itu masyarakat Nagari bisa melakukan hal hal sbb :

1. Berniat dan bertekad bulat menjadi orang yang mandiri dan Kaya, Karena Allah mencintai orang beriman yang selalu memberi, berinfaq dan berzakat.

2. Selalu bekerja keras, berusaha dg sungguh2, ke sawah, ke ladang, beternak, berdagang, pegawai dan Usaha apa saja yang halal dan baik.

Malu menjadi pengangguran, bangun selalu subuh, setelah sholat subuh di masjid, bertebaranlah di buka bumi mencari rezki dan karunia Allah yang sangat banyak. Man jadda wajada/ siapa yang bersungguh2 pasti mendapat.

3. Jadikan waktu2 kita untuk banyak beramal sholeh, bekerja dan bekerja untuk mencari rezki yang diridhoi Allah Swt. Meraih kebahagian dunia dan akhirat. Jika orang bisa kita juga harus bisa, karena Allah sama2 memberi kita tenaga, fisik, panca indra dan waktu yang sama 24 jam.

Hindari terlalu berlama2 di lapau, membuang buang waktu atau kagiatan hura hura yang tidak membuahkan hasil apa2. Ingat Hadis Rasullullah, seandainya kamu tau besok hari akan kiamat, ditangan mu ada satu biji tanaman maka tanamlah.

Jadikanlah prinsip hidup kita…..

print

Leave a Reply