Resensi Buku Pengetahuan

Resensi Buku Pengetahuan

- in Headline, OPINI
0

Oleh Kharisma Pratiwi
Mahasiswa Sosiologi Agama IAIN Bukittinggi

Judul : Mencari Soslusi Penanggulangan Bencana Di Negeri Rawan Bencamana
Penerbit : Sosiologi Agama IAIN Bukittinggi
Pengarang : Mahasiswa Sosiologi Agama
Tebal Buku : 193 halaman

Mencari Soslusi Penanggulangan Bencana Di Negeri Rawan Bencana adalah buku yang disusun oleh mahasiswa program studi sosiologi agama, yaitu mahasiswa dari IAIN Bukittinggi.

Dalam penulisan buku ini didampingi oleh salah dosen sosiologi agama oleh DR. Silfia Hanani, M.Si sekaligus sebagai editor dalam buku ini, diterbitkan pada 1 Maret 2020.

Buku ini berikan tentang kondisi bencana sosial dan bencana alam dengan hasil analisis mahasiswa sosiologi melalui observasi yang dilakukan.

Para penulis memberikan beragam macam bentuk mitigasi maupun penanggulangan dari bencana yang berbeda dengan pendekatan sosiologi agama.

Pembaca dapat mencari solusi dalan penanggulangan bencana dinegeri rawan bencana, saat ini masyarakat minim dalam pemahaman serta pengetahuan bagaimana tindakan yang dilakukan ketika sebelum bencana, ketika bencana mau pun setelah bencana, serta meminimalisir bencana.

Buku ini mewadahi itu dan dapat dibaca dan diterapkan untuk seluruh kalangan masyarakat, serta dapat memberikan kesadaran kepada mansuia sebagai makhluk sosial.

Kita hidup bukanlah untuk diri sendiri, melainkan kita hidup juga untuk orang lain. Saling membatu dengan menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi ditengah masyarakat modern saat ini sangatlah perlu peduli dan melihat dari berbagai sudut bagaimana kondisi masyarakat akan memberikan manfaat tidak hanya kepada masyarakat itu sendiri, melaikan juga kepada diri kita sebagai insan yang terkadang melupakan akan rasa syukur, lupa akan usia, lupa akan amalan-amalan selama dunia.

Keunggulan buku :
Buku ini menyajikan relevansi sebuah teori sosiologi agama untuk dapat diterapkan kepada masyarakat pada situasi dan kondisi sebelum, sedang atau pun setelah bencana, dengan menggunakan pendekatan sosiologi dalam mencari solusi dalam menanggulangi bencana baik alam atau pun bencana sosial.

Kekurangan buku:
Penulisan dalam buku beberapa masih ada yang salah seperti dalam penggunaan spasi. Dalam penjelasan fenomena ada baiknya lebih di dekripsikan. (***)

print

Leave a Reply