YASTU Malalo Pencetak Intelektual & Punya Dua Ijazah

YASTU Malalo Pencetak Intelektual & Punya Dua Ijazah

- in Feature, Headline, ISLAMIC, TANAH DATAR
1512
0

Oleh Roni Pasla

Yayasan tuanku limo puluh (YASTU) Malalo, adalah sebuah pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1976, beralamat di pasar Malalo jorong duo koto, Nagari Guguak Malalo kecamatan batipuah selatan kabupaten Tanah Datar provinsi Sumatera Barat.Pada Awalnya yayasan ini bernama PGA MALALO Namun akhirnya berganti Nama menjadi YASTU Malalo.

Pondok pesantren YASTU Malalo mempunyai potensi di bidang keagaman, pesantren ini memiliki dua tinggkatan yakni tingkat SMP/ MTS Dan tingkat SMA/MA. Jadi apabila orang tua ingin mendaftarkan anak-anak mereka sudah dapat dilakukan setelah anaknya lulus sekolah Dasar (SD).

Dari sejak awal berdiri pesantren Ini telah banyak mencetak orang -orang yang intelektual di berbagai bidang, baik itu di bidang agama maupun umum. Yayasan ini selain mempelajari ilmu Agama juga mempelajari ilmu umum dan siswa memperoleh dua ijazah saat tamat di yayasan ini yakni ijazah pondok pesantren dan ijazah umum sehingga tidak di khawatirkan bagi siswa yang nantinya sudah tamat dari YASTU Malalo ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Salah satu yang menjadi kelebihan sekolah pesantren ini dari sekolah-sekolah lainnya adalah disini juga mengajarkan Kitab Kuning atau Kitab Gundul. Selain itu jika datang ke pesantren ini kita juga akan disuguhkan pemandangan yang indah karena latar belakang dari pondok pesantren ini terletak di kaki Bukit barisan dan di tepi danau singkarak.

Saat sekarang ini pesantren ini sudah mulai dikenal di Sumatera Barat . Banyak siswanya yang datang dari berbagai provinsi untuk menimba ilmu di pesantren ini.Selain itu Guru-Guru disana merupakan guru-guru yang profesional dibidangnya, sehingga hal ini lah yang membuat daya tarik pesantren ini semakin meningkat.

Di pesanten ini juga terdapat dua asrama putra dan asrama Putri, dan juga di lengkapi dengan lapangan voly dan tempat olahraga lainnya untuk menunjang potensi siswa.

Sekarang yayasan ini di pimpin Oleh Najmuddin M. Rasul. Ph.D yang juga sebagai Dosen pasca sarjana Universitas Andalas (UNAND) menurutnya Sinergi ilmu sangat diperlukan dalam Era Revolusi Industri.

Kata dia pada saat sekarang ini kita berada di Era Revolusi selain memahami ilmu Umum,memahami ilmu-ilmu agama juga sangat di butuhkan untuk membentengi diri anak untuk terhindar dari kenakalan remaja dan prilaku menyimpang lainnya.Sesuai dengan visi dan misi dari yayasan ini mencetak generasi yang intelektual, beriman,jujur dan beraklak mulia.

Pendidikan agama pada era modern ini memang kurang diminati, anak akan merasa terbebani jika mendengar kata pondok pesantren, namun apabila orang tua ingin anaknya memiliki karakter yang baik, paham ilmu agama serta fasih membaca Al-Qur’an maka jadikanlah pondok pesantren untuk pilihan utama sekolah anak, untuk itu mari datang dan belajar di YASTU Malalo. ***

print

Leave a Reply