Usai Pencerahan di Kementerian Kominfo RI, Masriadi Jamu Makan Wartawan Tanah Datar (2)

Usai Pencerahan di Kementerian Kominfo RI, Masriadi Jamu Makan Wartawan Tanah Datar (2)

- in Headline, KABA WISATA
1159
0

Oleh : Wirmas Darwis, SE

Jakarta, Bakaba—Rombongan Wartawan Tanah Datar yang melakukan Studi Komperatif ke Jakarta dan Bandung memasuki hari kedua Senin (11/12) masih dibawa keberuntungan. H.Masriadi Martunus, Bupati Tanah Datar 2000-2005 menjamu makan siang di RM Sederhana Juanda, usai mendapat pencerahan di Kementerian Kominfo RI.

Rombongan yang dipimpin Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Erizal Ramli, didampingi Kabid IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) Mustafa Akmal, Kabag Humas dan Protokol Setda Tanah Datar Syahril, Kabag Hukum dan Persidangan  DPRD Tanah Datar Andi Mahbul Ch serta sejumlah pejabat dan staf lainnya.

Sementaa di Kementerian Kominfo RI dilayani oleh Plt. Direktur Pengelolaan Media Publik Sumiati, Kasubdit Media Online Nurlaili dan Redaktur Media Online JPP (Jaringan Pemberitaan Pemerintah) Endang J Saputra.
Suamiati dalam kesempatan tersebut pada dasarnya lebih mengarah kepaada struktur dari berbagai Ditjen yang ada di Kemeneterian Kominfo RI teermasuk fungsi dan tugasnya serta jaringan kerja sama dengan pihak lainnya.

Sedangkan Kasubdit Media Online Nurlaili menngatakan, di Kominfo ada dua media online masing-masing Info Publik dan JPP atau Jaringan Pemberitaan Pemerintah. Khusus untuk media Info Publik sejak tahun 2005 sudah ada. Pada Info Publik ini selain tetap mengedepankan 5W + H juga melengkapinya dengan edukasi dan pemberdayaan.

“Info Publik ini menampung berita-berita yang dikirim oleh berbagai Dinas Kominfo di daerah yang pada umumnya bersifat positif, tidak menjelek-jelekkan pemerintah, tidak sepeti media lainnya yang mempertimbangkan unsur bisnisnya,” kata Nurlaili.

Redaktur Media Online JPP (Jaringan Pemberitaan Pemerintah) Endang J Saputra mengungkapkan, Media onlineb harus bekerjasama, tidak bisa dikerjakan sendiri, karena menyangkut banyak kebutuhan informasi.Keberhasilan media online juga dapat dilihat dari analitic google dan alexa, sampai sejauh mana oleh pembacanya.

“Dalam pengelolaan media online redibilitas media harus dijaga, jangan terjerat berita hoax, karena jika ketahuan itu berita bohong, maka pengunjung media online tidak akan kembali lagi,” tambah Endang.

Kepala Dinas Kominfo Erizal Ramli dalam kesempatan itu selain memperkenalkan masing-masing anggota rombongan juga menyampaikan tujuan kedatangan di Kementerian Kominfo. Menurutnya kehadiran rombongan awak media dan pendamping disini dalam rangkaian peningkatan wawasan dan pengelolaan pola kemitraan.

Usai mendapat pencerahan rombongan di tunggu mantan Bupati Tanah Datar Masriadi Martunus untuk makan siang bersama di rumah makan Sederhana Juanda. Menurut Masriada makan bersama ini tidak punya niat lain, kecuali sekedar silaturrahmi dengan rekan-rekan wartawan yang datang jauh-jauh dari Kabupaten Tanah Datar.

“Ada satu kebahagian bagi saya dapat makan bersama kawan-kawan dari kampung, bukan ada niat lain, karena untuk menjadi bupati kembali sudah tidak memungkin lagi, sudah lanjut usia,” kata Masriadi penuh keakraban.(Bersambung)

print

Leave a Reply