UNESCO Tetapkan Kota Lama Tambang Batubara Sawah Lunto Jadi Warisan Budaya Dunia

UNESCO Tetapkan Kota Lama Tambang Batubara Sawah Lunto Jadi Warisan Budaya Dunia

- in Headline, News, SAWAHLUNTO
482
0

Sawah Lunto, bakaba – Tambang batu bara Ombilin (Ombilin Coal Minint Heritage of Sawah Lunto/OCMHS) Sumatera Barat berhasil di tetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCo.

Penetapan OCMHS sebagai warisan budaya dunia berlansung dalam gelaran sesi ke 43 dalam pertemuan komite warisan dunia di Baku Azerbaijan (06/07 pukul 12.18 WIB waktu setempat atau 15.18 WIB.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPCB Sumbar Nurmatias menjawab bakaba.net.

Menurut Nurmatias perjalanan OCMHS menjadi warisan dunia diprakasai oleh masyarakat untuk melestarikan kota tambang Sawah Lunto melalui penetapan visi kota tersebut yaitu “Kota Tambang Yang Berbudaya pada tahun 2001 lalu.

Selanjutnya pada tahun 2015 pengusulan kota lama tambang batubara Sawah Lunto diterima menjadi bagian dari daftar sementara warisan dunia (tentative list)  UNESCO

Sementara pengajuan usulan kota tambang batubara Sawah Lunto menjadi warisan dunia dengan nama Tambang Batubara Ombilin Sawah Lunto (Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto) dilaksanakan tahun 2018.

Setelah melalui tahap evaluasi oleh Badan Penasehat ICOMOS dengan pengukuhan. Akhirnya Kawasan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto ditetapkan sebagai Warisan Dunia Budaya.

Nurmatias menyampaikan selamat kepada seluruh pihak yang sudah bekerja keras  membawa tambang batu bara Ombilin di Sawah Lunto sebagai warisan budaya dunia.

“Semoga dengan penetapan ini dapat meningkatkan potensi wisata budaya di Sawahlunto”, tutup Nurmatias.  (TIA)

print

Leave a Reply