Tanah Datar Canangkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Tanah Datar Canangkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor

- in Headline, KABA WISATA, Olah Raga
1330
0

Batusangkar, Bakaba–Kabupaten Tanah Datar terhitung Minggu 6/8 mendatang mencanangkan hari bebas kenderaan bermotor (Car Free Day) di pusat kota Batusangkar. Car free day yang baru akan di canangkan tersebut tentu akan memberikan keleluasaan bagi masyarakat di kota tersebuut untuk beraktifitas tanpa takut terpapar emisi karbon.

Hal tersebut dikatakan Bupati Tanah Datar di wakili Asisten ekonomi dan pembangunan Helfi Rahmi Harun di dampingi Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Nyenson di ruang kerjanya Kamis ( 3/8)

“Car Free Day memberikan keleluasaan masyarakat bisa berolahraga dan beraktifitas lainnya di pagi hari tanpa takut kecelakaan lalu lintas dan juga bebas dari emisi gas buangan dari kendaraan bermotor dengan kata lain udara lebih bersih dan segar”, ujarnya

Menurut Rahmi, untuk mensukseskaan car free day tersebut mewmbutuhkan dukungan seluruh masyarakat Tanah Datar. di rencanakan pencanangan tersebut akan dimulai pukul 06.00 WIB – 10.00 WIB. Pada kegiatan car free day akan terjadi rekayasa lalu lintas untuk mendukung kegiatan car free day tersebut.

Di samping pencanangan car free day pada kesempatan itu juga akan dilakukan pencanangan tahun keselamatan untuk kemanusiaan dan sukuran atas penghargaan kabupaten layak anak untuk Tanah Datar. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise memberikan penghargaan ke Kabupaten Tanah Datar sebagai kabupaten uyang layak anak. Penilaian kabupaten layak anak tersebut diantaranya pembangunan yang mengintegrasikan komitmen untuk pemenuhan hak anak, sehingga anak generasi muda terlindungi dari kegiatan yang akan merugikan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan penghargaan Pratama kepada Kabupaten Tanah Datar. Penghargaan pratama merupakan penghargaan  peringkat dua terbaik  setelah utama. Di Sumatera Barat hanya tujuh kota dan dua kabupaten yang memperoleh KLA tersebut.

Sementara itu Kabid Lalulintas Dinas Perhubungan menyebutkan, Car Free Day di Batusangkar bersinergi dan sejalan dengan kegiatan yang dilaksanakan Polri yakni Pencanangan Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan. “Pencanangan Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan bertujuan untuk memberikan jaminan keselamatan bagi pengguna jalan raya dan berlalu lintas, tentu saja kegiatan ini bisa sinergi dan saling dukung dengan Car Free Day yang kita laksanakan” ujar Neyonson.

Neyonson juga memaparkan dalam menghadapi iven ini, dilakukan rekayasa lalu lintas dimana kendaraan bermotor dari arah Sungai Tarab menuju pasar Batusangkar dapat melalui ruas jalan depan asrama polisi menuju Lantai Batu, atau ke Jalan Hamka dan ke Simpang jalan Damai menuju jalan Minang ke Kampung Baru dan berakhir di Pasar Papan.

Kemudian dari arah Sungayang menuju pasar diarahkan melalui ruas jalan Cindua Mato menuju Simpang SMA depan SMP2 Batusangkar ke Kampung Teleng dan bermuara ke Pasar Batusangkar. Terakhir dari arah Pagaruyung diarahkan menuju jalan Data ke Kampung Teleng dan terakhir di Pasar Raya. “Selama Car Free Day sampai pukul 10.00 WIB, jalan di depan Satlantas Polres dibuka untuk dua arah” pungkas Neyonson. (TIA)

print

Leave a Reply