Tak Kunjung Diperbaiki, Jembatan Lubuak Tapuak Pagaruyung Menunggu Korban

Tak Kunjung Diperbaiki, Jembatan Lubuak Tapuak Pagaruyung Menunggu Korban

- in Headline, KABA NAGARI
593
0

Batusangkar, Bakaba–Jembatan Lubuak Batapuak Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupate Tanah Datar akhir-akhir ini kondisinya semakin kritis. Jembatan yang sudah berusia ratusan tahun tersebut bahagia kakinya sudah tergerus air dan jika tak kunjung diperbaiki, dikhawatirkan akan ambruk dan menelan korban.

“Jembatan Lubuak Tapuak yang menghubungkan kota Batusangkar dengan Istano Basa Paguruyung ini keadaannya sungguh memprihatinkan, hasil pantauan dilapangan terlihat bahagian bawah tiang utama penyanggah jembatan sudah “bagawuang” akibat tergerus air arus sungai,” kata salah seorang tokoh masyarakat Elvis Simon kepada bakaba.net di Batsangkar, Selasa (7/11).

Kepala Dinas PUPR dan Pertanahan Tanah Datar melalui Kepala Bidang Bina Marga Roni Elisman ketika menjawab pertnyaan wartawan, membenarkan jika jembatan tersebut dalam kondisi kritis. Dalam upaya mengantisipasi, kita menaikkan telaah staff agar dapat dperbaiki tahun 2018.

”Jika kita menggunakan dana APBD tahun 2017, jelas tidak mungkin karena sudah berada di penghujun tahun anggaran, bahkan dana APBD Perubahan juga tidak bisa lagi disebabkan sudah selesai dibahas di DPRD,” katanya menambahkan.

Sementara Kepala Dinas Parpora Edisusanto mengharap, kekhawatiran akan ambruknya jembatan Lubuak Batapuak ini tidak terjadi, karena bila hal itu terjadi akan mempengaruhi terhadap kunjunngan wisata, setidaknya mereka akan masuk ke Pagaruyung dengan memutar ke arah Bukik Gombak.(WD)

 

 

 

print

Leave a Reply