Surau Darul Huda Koto Tuo Gelar Khatam Alquran

Surau Darul Huda Koto Tuo Gelar Khatam Alquran

- in Headline, News, TANAH DATAR
312
0

Salimpaung, bakaba.net – Surau Darul Huda  Jorong Koto Tuo Nagari Salimpaung Kecamatan Salimpaung Tanah Datar gelar  Khatam Al-Quraan Ke XIII Minggu (20/10) atau bertepatan dengan 21 Safar 1441 H.

Terlihat hadir dalam kegiatan itu, Camat Salimpaung, Abramis Yuzi, S. Sos, KUA Salimpaung, Iswandi, S. H. I Wali Nagari  Drs. Marjohan,BPRN, KAN, Kapolsek, Danramil, Jorong setempat Mawardi,  Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, dan Bundo kandung Limpapeh rumah nan gadang

Surau Darul Huda memiliki santri sebanyak 115 orang dan yang ikut Khatam Al-Quraan sebnyak 34 orang. Peserta Khatam dengan rincian 19 orang qori dan 15 qoriah.

“Jumlah guru yang mengajar santri  sebanyak 6 orang dan 3 orang sudah memiliki sertifikat,” Ujar Syamsuar Sutan Sinaro

Jasmal SPd, M. M, salah seorang Orang tua peserta khatam Al-Quraan mengatakan mengucapkan terimakasih kepada kepala TPA/TPSA dan Majelis guru yang telah mendidik dan membimbing para santri.

“Hari ini para santri sudah  khatam Alquraan dan mudah2an para guru memperoleh pahala dari Allah Swt dan menjadi amal ibadah,” ujarnya.

Imam Narwizal, S. H. I salah seorang guru TPA/TPSA justru meminta maaf kepada orang tua seluruh santri.  Pasalnya dalam meningkatkan disiplin terkadang para santri kena marah, dicubit dan lainnya. Hal itu menurutnya tidak terlepas dari rasa sayang mereka pada santri.

“Meski sudah Khatam, kami berharap para santri tetap di TPA,” ujarnya.

Sementara Wali Nagari Salimpaung Drs Marjohan memyebutkan khatam alquraan ini  bukan akhir dari pembelajaran alquraan, dan masih panjang waktu untuk mempelajari dan Jangan berhenti belajar.

Marjohan mengajak seluruh santri meningkatkan ilmu tentang Alquraan dan tetap mengikuti pondok Alquraan yang telah dianggarkan nagari dengan kegiatan Sekali seminggu atau tepatnya  hari minggu.

KUA KEC  Salimpaung  Iswandis. H. I menyampaikan, 34 orang peserta yang sudah khatam  merupakan aset Tanah Datar khususnya Nagari Salimpaung. Untuk itu diharapkan para santri terus melantunkan ayat-ayat Alquraan dimasa yang akan datang. Sisi lain Iswandis juga mengajak orang tua mendukung majelis guru dalam menegakkan aturan.

Camat Salimpaung Abramis Yuzi. S. Sos berpesan setelah khatam jangan berakhir belajar Alquran tetapi jadikan Alquran sebagai pedoman hidup sehari-hari. (JENDRI)

print

Leave a Reply