Reward Siswa Berprestasi Di Tanah Datar Sudah Sejak 2006 Lalu

Reward Siswa Berprestasi Di Tanah Datar Sudah Sejak 2006 Lalu

- in Headline, TANAH DATAR
366
0

Batusangkar, bakaba – Pemerintah kabupaten Tanah Datar kembali memberangkatkan siswa berprestasi ke luar negeri, tahun ini diikuti sebanyak 125 orang siswa.

Keberangkatan dilepas Sekretaris Daerah Hardiman, Selasa (31/10) sore di aula kantor Bupati di Pagaruyung menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang dilanjutkan penerbangan menuju Malaysia dan Singapura.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar diwakili Kabid pembinaan Sekolah Menengah Pertama Inhendri Abbas katakan, kegiatan studi banding ini sudah dua belas kali dengan tahun ini dilaksanakan pemkab Tanah Datar.

“Kegiatan ini semenjak tahun 2006, yang merupakan reward atau penghargaan khusus bagi siswa yang berprestasi baik akademik maupun non akademik. Tahun ini rombongan terdiri siswa berprestasi SD/MI sebanyak 15 orang, SMP/MTsN 33 orang, SMA/MA/SMK 39 orang, non akademik 16 orang, guru berprestasi 8 orang, pengawas 3 orang, Kepala sekolah 8 orang dan pendamping lainnya 11 orang, total 125 orang ,” sampainya.

Disamping itu Ia tambahkan, siswa maupun pembimbing dapat melihat keunggulan sistem penyelenggaraan pendidikan di negara tetangga Malaysia dan Singapura sudah lebih baik dari kita, sehingga ketika kita berkunjung dan melihat langsung, diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi peningkatan pendidikan di Tanah Datar,” katanya.

Kegiatan ini telah berlangsung dari tahun 2006 telah memberangkatkan siswa berprestasi sebanyak 1.378 orang. “Tahun ini kita memberangkatkan 125 siswa dan pendamping pilihan hasil dari penilaian yang objektif, transparan, efektif dan efesien dan mempertimbangkan usulan dari dinas dan instansi terkait,” katanya.

Sementara Sekda Hardiman sampaikan, kegiatan ini merupakan implementasi dari Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan komitmen daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia. Untuk itu kegiatan ini salah satu usaha untuk memotivasi dan penghargaan kepada siswa, pemerintah daerah telah menganggarkan dan mengagendakan setiap tahun kegiatan serupa, dan ini merupakan komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten Tanah Datar,sampainya.

Ia tambahkan, Pemerintah Tanah Datar dari tahun 2006 telah memberi reward berupa studi banding ini sebanyak 1.378 orang. “Tahun ini kita memberangkatkan 125 siswa dan pendamping pilihan hasil dari penilaian yang objektif, transparan, efektif dan efesien dan mempertimbangkan usulan dari dinas dan instansi terkait,” katanya.

print

Leave a Reply