Restart Keilmuan dan Praktek, Ativitas KKG SD Tanah Datar Harus Dipacu

Restart Keilmuan dan Praktek, Ativitas KKG SD Tanah Datar Harus Dipacu

- in Headline, KABA PENDIDIKAN
410
0

Batusangkar, Bakaba–KKG (Kelompok Kerja Guru) Sekolah Dasar se Kabupaten Tanah Datar harus lebih dipacu aktivitasnya, mengingat begitu pentingnya keberadaan KKG tersebut dalam merestar kembali keilmuan dan praktek pemahaman Padegogik atau Ilmu mengajar para guru dalam menghadapi peserta didik di dalam kelas setiap hari.

Demikian disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Dikbud Tanah Datar Baharuddin, MPd.dalam uraian pembuka saat menjadi Nara Sumber pada kegiatan KKG Gugus IV Kecamatan Lima Kaum di SD Inti Parambahan, Selasa (28/11).
Dalam materi lanjutan Kabid SD menguraikan tentang betapa sangat pentingnya pemahaman guru tentang KI.KD dalam menyusun sebuah sebuah RPP Inovatif penuh kreatifitas bagi pengembangan potensi kecerdasan dan keterampilan para peserta didik.

Peserta didik Sekolah Dasar ibarat bayi kecil yang masih bersih dengan pengalaman yang belum ada, dalam perkembangannya ada yang normal dan ada yang kurang normal maka tugas guru yang paling utama adalah memberikan pengalaman belajar dan memberikan motivasi belajar kepada para siswa yang kurang normal baik fisik , mental maupun kecerdasan.

Dengan demikian,  mereka dapat belajar bersama dengan siswa yang normal.maka pendidikan seperti inilah yang dikatakan pendidikan inklusif, dimana guru tidak membedakan para siswa atas kekurangan fisik mental dan kecerdasan para siswa .

Guru harus mempunyai kecerdasan dan nalar yang bagus dalam mengambil keputusan bagi para siswa yang Berkebutuhan Khusus dalam proses pembelajaran.

Jangan abaikan Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK) karena mereka juga anak bangsa yang mempunyai hak untuk mendapatkan Pendidikan dan Pembelajaran sebagaimana anak normal lainnya di Indonesia. Sesuai Permendiknas nomor 70 Tahun 2009.

Sehingga pesan Pendidikan dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa di Masa Depan dapat betul betul diwujudkan oleh para guru didalam kelas yang salah satu aktivitasnya adalah melaksanakan pembelajaran sesuai RPP yang kreatif dan inovatif termasuk dalam mengelola ABK.

Pada bagian akhir Baharuddin M. Pd menegaskan bahwa dalam usaha menuju Kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten Inklusif peran Guru sangatlah besar.selamat ber KKG (MIT)

print

Leave a Reply