Polres Tanah Datar Fasilitasi Siswa Bus Sekolah

Polres Tanah Datar Fasilitasi Siswa Bus Sekolah

- in Headline, KABA PENDIDIKAN
1643
0
Batusangkar, bakaba–Bis sekolah yang ku tunggu, tiada yang datang, ku telah lelah berdiri, berdiri menanti nanti. Demikian sebagian lirik lagu bus sekolah yang pernah di populerkan Koes Plus dahulunya. Saat ini kita tidak akan membahas lirik lagu bus sekolah tersebut, tetapi tentang bus sekolah yang di sediakan Polres Tanah Datar  untuk menjemput anak-anak sekolah di tempat yang sudah ditentukan. Meski bus sekolah tersebut baru berjalan selama dua hari, tapi hal ini sangat membantu anak-anak menuju sekolah mereka.
 
Bus sekolah yang di sediakan Polres Tanah Datar tersebut bagi siswa untuk menuju sekolah masing-masing.  Penyediaan bus sekolah tersebut merupakan upaya polisi mengajak para siswa tidak mengunakan sepeda motor, tetapi beralih ke bus sekolah, meski baru melayani tiga rute seperti yang dituturkan Kapolres Tanah Datar Selasa 25/4 di Batusangkar.
 
“Penyediaan armada bus sekolah ini merupakan upaya Polres untuk mengajak para siswa tidak menggunakan sepeda motor ke sekolah dan beralih ke bus sekolah atau angkutan umum lainnya,” kata Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas,
 
Selama ini, sebelum ada bus sekolah gratis dari Polres Tanah Datar, banyak terjadi tumpukan siswa dan pelajar khususnya pagi hari pada tempat-tempat tertentu, bahkan kita sering saksikan anak-anak sekolah itu saling berebut mengejar dan naik angkutan umum yang kebetulan lewat. Sementara sebagian lainnya para orang tua memberikan izin kepada anak dibawah umur untuk membawa  kenderaan bermotor ke sekolah, meski hal itu dapat membahayakan diri anak tersebut  dan penguna jalan raya lainnya, tapi orang tua tidak punya pilihan, karena minimnya angkutan umum di daerah ini.
 
Dengan adanya program bus sekolah gratis Polres Tanah Datar tersebut dapat menjawab permasalahan minimnya angkutan umum dan sisi lain dapat mengurangi  siswa yang membawa motor serta solusi bagi siswa yang kesulitan mendapatkan angkutan umum.  Kedepan Polres akan mengandeng Pemerintah Tanah Datar untuk menyediakan bus sekolah gratis .
 
“Polres bekerja sama dengan pemerintah daerah terus berupaya menyediakan bus sekolah gratis bagi pelajar ini dan mengharapkan program ini dapat mengurangi siswa membawa sepeda motor ke sekolah,” katanya.
 
Berdasarkan hasil evaluasi pelanggaran dan korban kecelakaan lalu lintas di Sat Polres Tanah Datar lebih di dominasi oleh para pelajar. Untuk itu program bus sekolah gratis ini juga dapat menekan angka laka lantas khususnya di kalangan pelajar.
 
Kasat Lantas Polres Tanah Datar, AKP Yulandi Rusadi di tempat terpisah mengatakan, tiga bus sekolah gratis tersebut baru melayani tiga rute dan mulai beroperasi pada pukul  06.30 WIB. Polres dalam program bus sekolah gratis itu menfaatkan  satu bus dan dua truk Dalmas dan akan menempuh rute yang sudah diteapkan.
 
Tiga rute yang dilalui bus sekolah ini yakni rute Simpang Manunggal – Dobok – Pincuran Tujuh – GOR Gumarang, kemudian Sungai Tarab – Tigo Batua – Koto Panjang – Gedung Nasional – GOR Gumarang, dan terakhir rute Nagari Gurun – Tabek Boto – Baringin – Lantai Batu – GOR Gumarang.
 
Dalam menunjang pengoperasikan bus sekolah gratis, dua orang anggota polisi siap melayani para pelajar, untuk membantu naik dan turun bus  yang cukup tinggi bagi ukuran pelajar. Bus sekolah gratis tersebut juga merupakan suatu upaya Polres memberikan rasa aman bagi pelajar, disamping itu kegiatan tersebut suatu upaya Polres memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
 
Pada kesempatan tersebut Kasat Lantas menghimbau orang tua siswa tidak mengijinkan anak-anaknya membawa motor kesekolah, terutama anak-anak yang tidak memiliki SIM  (Surat Izin Mengemudi), karena hal tersebut jelas melanggar aturan yang berlaku. (TIA)

print

Leave a Reply