Pin Emas Tito Karnavian Untuk “Kenyot” Pejuang Serai Wangi Dari Rambatan

Pin Emas Tito Karnavian Untuk “Kenyot” Pejuang Serai Wangi Dari Rambatan

- in EKBIS, Headline, Nan Tacelak, News, TANAH DATAR
1891
0

Batusangkar, bakaba.net  – Brigadir Polisi Rahmad Joliardi yang di sapa dengan kenyot ini tiada henti untuk mengedukasi masyarakat di Kecamatan Rambatan agar menfaatkan tanah yang belum terolah atau lahan kosong untuk ditanami serai wangi.

Hal itu tidaklah semudah membalikan telapak tangan,  butuh perjuangan dan kesabaranan tapi ada satu kata tanpa menyerah bagi kenyot untuk selalu berada di tenggah-tenggah masyarakat.

Setiap kesempatan polisi ramah nan mudah senyum ini selalu berada ditenggah masyarakat, baik itu di kebun-kebun masyarakat ataupun warung-warung kopi.

Dia selalu memberi contoh terhadap masyarakat setempat. Kerja keras kenyot membuahkan hasil masyarakat mulai mengolah lahan-lahan kosong dengan serai wangi. Akhirnya serai wangi ini benar-benar wangi dan tercium sampai keluar Tanah Datar.

Orang-orang penting sebut saja Gubernur Irwan Prayitno pernah berkunjung ke kebun serai wangi masyarakat yang merupakan binaan kenyot ini, bahkan RI 4 pun pernah di agendakan berkunjung kesana.

Hal itu tidaklah membuat polisi yang suka naik gunung ini berpuas diri,  bahkan semangkin memotivasinya untuk terus berbuat terbaik untuk warga yang menjadi daerah binaannya selaku seorang Bhabinkamtibmas di Mapolres Tanah Datar dan di tempatkan di Kecamatan Rambatan tepatnya di Nagari Balimbing.

Kenyot awalnya harus berpikir keras untuk memilih tanaman yang cocok untuk daerah Kecamatan Rambatan,  pasalnya kecamatan tersebut merupakan daerah bayangan hujan. Akhirnya dipilih serai wangi untuk dibudidayakan.  Mulailah Bhabinkamtibmas itu mengedukasi masyarakat tentang cara membudidayakan serai wangi.

Kerja keras tiada henti ini akhirnya membuahkan prestasi membanggakan dan mengharumkan nama Sumatera Barat di pentas nasional.  Keuletan kenyot membuahkan hasil terpilihnya kenyot menjadi Bhabinkamtibmas terbaik tingkat Polda Sumbar dan berhak mendapatkan Pin Emas dari Kapolri.

Untuk menjadi Bhabinkamtibmas terbaik itu Rahmad harus mengikuti serangkaian seleksi yang sudah berlangsung sejak bulan Mei 2019 lalu. Perjuangan itu tidaklah muda karena harus bersaing dan bertarung melawan utusan dari Polres se Sumbar.

Melalui seleksi ketat itu,  akhirnya Brigadir Rahmad Joliardi terpilih dan ditetapkan menjadi Bhabinkamtibmas terbaik tingkat Polda Sumbar.

Meski kenyot belum terpilih dan masuk nominasi 6 terbaik dari Polda se Indonesia,  tidaklah membuatnya kecewa,  tetapi justru lebih bersemangat memberikan yang terbaik untuk wilayah binaannya. Baginya bekerja adalah sebuah pengabdian,  sementara yang lainnya adalah bonus dari bekerja dengan profesional itu.

Setiap prestasi patut diapresiasi begitu juga Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian, Phd memberikan apresiasi untuk polisi-polisi terbaik,  termasuk kenyot.  Tito Karnavian memberikan penghargaan berupa Pin Emas kepada Brigadir Pol Ramad Joliardi. Penyerahan penghargaan ini akan dilaksanakan Rabu (10/7) bersamaan dengan Peringatan HUT bhayangkara ke 73 tingkat Polda Sumbar. (TIA)

print

Leave a Reply