Perkampungan Religi Program Terkini Kecamatan Lima Kaum

Perkampungan Religi Program Terkini Kecamatan Lima Kaum

- in Headline, ISLAMIC
463
0

Batusangkar, Bakaba–Perkampungan Religi di Kecamatan Lima Kaum merupakan program kerja terkini Camat Lima Kaum Afrizal, SE beserta seluruh steakholder yang ada, terutama dalam menuju sebuah perkampungan yang penuh dengan nuansa agama.

“Perkampungan Religi yang dimaksud adalah Perkampungan yang didiami oleh para generasi muda yang memperlihatkan aktifitas keagamaan sebagai kegiatan utama yang rutin dilaksanakannya setiap hari tanpa perintah tetapi atas kesadarannya sendiri,” kata Camat Afrizal kepada bakaba.net di Limakaum, Kamis.

Kegiatan keagamaan itu seperti shalat berjamaah, membaca Alquran dan mempelajari dan berdiskusi tentang ajaran agama Islam dari buku buku keagamaan yang ada.

Tempat utama dari Perkampungan Religi ini menurut Camat Lima Kaum adalah semua mesjid dan mushala serta surau yang ada di wilayah kecamatan tersebut.

Pola pelaksanaannya adalah dengan memfasilitasi tempat ibadah tersebut dengan buku- buku keagamaan, alquran, dan internet seperti Wifi.

Semua aktivitas yang berlangsung dibawah bimbingan seorang ustad dan pengurus mesjid, mushala dan surau tersebut.

Ilustrasi yang diinginkan oleh Camat beserta Steakholder yang terkait adalah bahwa ketika para generasi muda berkumpul di mesjid, mushala dan surau untuk memanfaatkan jaringan internet melalui Wifi mereka akan mendengarkan suara azan, sehingga mereka dapat langsung menghentikan aktivitas menjelajahi dunia maya untuk menuju tempat berwudhuk yang selanjutnya dapat mendirikan shalat berjamaah.

Bagi mereka yang bosan dengan handphone dapat menambah wawasan keagamaan dengan membaca Alquran dan tafsirnya atau membaca buku keagamaan lainnya yang telah ada didalam mesjid.

Mengakhiri wawancaranya dengan bakabanet, Afrizal SE mengatakan bahwa sudah lebih dari seribu buah alquran yang berasal dari sumbangan masyarakat dikampung dan dirantau telah dibagikan kepada mesjid, mushala dan surau diwilayah kecamatan Lima Kaum.

Untuk hal ini Camat Afrizal SE mewakili seluruh steakholder yang terlibat menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh penyumbang alquran dan buku- buku keagamaan yang telah membantu percepatan terlaksananya Perkampungan Religi di Wilayah Kecamatan Lima Kaum ini.

Bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan alguran, buku- buku keagamaan atau perangkat shalat serta piranti tempat ibadah lainnya bisa langsung ke tempat ibadah yang diinginkan atau melalui Kabagkesra kantor kecamatan lima kaum. (MIT)

print

Leave a Reply