Pengukuhan Yang Dipertuan Raja Alam Pagaruyung Dapat Tanggapan Positif

Pengukuhan Yang Dipertuan Raja Alam Pagaruyung Dapat Tanggapan Positif

- in ADAT, Headline
2133
0

Batusangkar, Bakaba—Adanya rencana pengukuhan Muchdan Taher Bakrie sebagai Sultan Alam Bagagarsyah Yang Dipertuan Raja Alam Pagaruyung Minangkabau bulan September 2017 mendatang ternyata mendapat tanggapan positif dari pemuka adat serta pemerhati adat Minang Kabau dari Kinali Pasaman Barat Imam. R Dt. Kayo.

“Kalau kito caliak dan kito perhatikan alah begitu banyak kekacauan masyarakat adat yang diakibatkan dari sikap nan tidak Moderat dari Icon Minangkabau,” kata Imam.R Dt Kayo dari Pasukuan Caniago ini kepada bakaba.net menanggapi berita tentang Yang Dipertuan Raja Alam Pagaruyung Dikukuhkan September 2017, Senin (31/7).

Ia berharap, acara yg telah direncanakan penobatan rajo alam pagaruyuang berjalan dengan lancar dan sukes serta kedepan banyak membawa perubahan terhadap tatanan adat dan budaya Minang Kabau yang akhir-akhir ini sudah semakin tak menentu.

Dengan dilewakannya Yang Dipertuan Raja Alam Pagaruyung, kita berharap agar kembalinya marwah Niniak Mamak Minangkabau, sebab beberapa hal telah terjadi menimpa niniak mamak kita, sahingga mereka masuk kedalam panjara.

“Kesemuanya itu tentu tidak terlepas dari dasar tunduhan memberikan keterangan palsu saat seorang niniak mamak memberikan keterangan tentang ulayatnnya. Artinya, kita berharap pemerintah harus menghormati undang undang atau peraturan adat minangkabau,” katanya menambahkan.

Berkaitan dengan adat dan Minang Kabau kedepan, Imam.R Dt.Kayo mengatakan sebagai perlu dipikirkan secara bersama-sama, sehingga adat dan budaya Minangkabau menjadi pengamalan pada setiap diri Masyarakat Minangkabau itu sendiri.(WD)

print

Leave a Reply