Pemkab Tanah Datar Ajukan RAPBD 2018, Pendapatan Daerah Rp.966, 66 Milyar

Pemkab Tanah Datar Ajukan RAPBD 2018, Pendapatan Daerah Rp.966, 66 Milyar

- in Headline, PARLEMENTARIA
608
0

Batusangkar, Bakaba—Dipimpin Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, SE didampingi Wakil Ketua Irman dan Saidani, Senin (18/9) di gedung dewan bersangkutan, Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma mengajukan Rencana APBD 2018 untuk dibahas secara bersama dengan DPRD setempat.

Wabup Zuldafri Darma dalam penyampaian Nota Keuangan Rancangan APBD 2018 di Pagaruyung mengatakan, rencana pendapatan daerah sebesar Rp966,666 Miliar itu terdiri dari pendapatan asli daerah Rp152,11 Miliar, dana perimbangan Rp712,132 Miliar, dan pendapatan lain yang sah Rp102,424 Miliar.

Dijelaskan untuk belanja daerah direncanakan sebesar Rp1,046 Triliun yang terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp681,22 Miliar dan belanja langsung sebesar Rp365,247 Miliar.

Selanjutnya, untuk penerimaan pembiayaan diperkirakan sebesar Rp79,981 Miliar yang berasal dari sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) 2017, dan untuk pengeluaran pembiayaan direncanakan sebesar Rp180 Juta untuk penyertaan modal Pemda kepada PDAM Tirta Alami Batusangkar.

“Dalam pencapaian, optimalisasi, dan peningkatan pendapatan daerah, pemerintah daerah berupaya menggali potensi sumber-sumber pendapatan berupa pajak dan retribusi daerah,” kata Wabup Zuldafri menambahkan.

Wakil Kepalla menegaskan, Pemkab Tanah Datart dalam pengelolaan keuangan daerah masih tetap berdasarkan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan profesionalisme, serta optimalisasi pengelolaan aset dan perusahaan milik daerah.

Sementara Ketua DPRD Anton Yondra mengatakan, penyampaian Rancangan APBD 2018 ini diawali dengan penyusunan dan pembahasan kebijakan umum dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) antara DPRD dengan Pemda pada Selasa (12/9).

“Berangkat dari kesepakatan tersebut, berarti kita telah dapat menjadikannya sebagai landasan penyusunan dan pembahasan Ranperda tentang APBD tahun anggaran 2018,” imbuhnya.

Ia menyebutkan pembahasan Ranperda APBD ini akan dilanjutkan dengan agenda Pandangan Umum dari sembilan Fraksi, kemudian tanggapan Bupati atas Pandangan Umum Fraksi, dan Persetujuan Bersama antara DPRD dan Pemda.

Rapat Paripurna ini dihadiri 28 Anggota DPRD, Forkopimda, Sekda Hardiman, Sekwan Elizar, para Asisten, pimpinan SKPD, Camat dan Wali Nagari se-Tanah Datar. (WD/TIA)

print

Leave a Reply