Pemilihan Media Tradisional Seni Budaya Difestival Budaya Minangkabau

Pemilihan Media Tradisional Seni Budaya Difestival Budaya Minangkabau

- in BUDAYA, Headline, TANAH DATAR
468
0

BATUSANGKAR,  bakaba.net – Media tradisional sangat strategis sebagai sarana untuk menyampaikan pesan positif atau kebijakan pemerintah melalui seni pertunjukkan.

Pesan-pesan positif yang dikemas sesuai selera anak millenia akan lebih gampang diterima generasi tersebut.

“Pesan yang disampaikan dapat berupa LGBT,  bahaya pengunaan Narkoba atau permasalahan sosial lainnya,” kata Drs Abrar Kapala Dinas l Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Tanah Datar menjawab bakaba.net Rabu (20/11).

Pengunaan media tradisional dalam menyampaikan permasalahan sosial ini akan meramaikan kegiatan festival budaya Minangkabau yang dihelat di Batusangkar dan tinggal hitungan hari.

Menurut Abrar kegiatan pemilihan media tradisional seni budaya dalam kegiatan festival budaya Minangkabah merupakan bentuk perhatian Pemkab atas keberadaan kelompok media tradisional yang bergerak di bidang seni dan budaya khususnya randai yang ada di tingkat SLTA.

“Keterlibatan kelompok media tradisional khususnya randai sangat strategis sasar generasi muda dalam menyampaikan pesan positif atau kebijakan pemerintah maupun permasalahan sosial melalui seni pertunjukkan,” kata Abrar.

Penyampaian pesan yang dikemas sesuai selera millenia tentu akan lebih tepat sasaran dan generasi millenia itu akan dapat menerimanya.

Abrar mengatakan pertunjukan melalui media tradisional selain dapat memberikan hiburan kepada rakyat, juga menjadi wadah untuk menyampaikan informasi positif bagi masyarakat.

Tiga manfaat yang akan didapatkan dalam pengunaan media tradisional khususnya dikalangan millenia,  yaitu pelestarian media tradisional, penyampaian pesan-pesan positif dan hiburan.

“Melalui kegiatan ini kita harapkan media tradisional di Kota Tanah Datad semakin giat dalam memberi inspirasi, sapirasi, dan edukasi bagi millenia,” sebutnya.

Sebanyak 14 peserta yang terdiri dari berbagai sanggar dalam kelompok media tradisional yang ada di SMA di Tanah Datar bertarung menjadi yang terbaik. Masing-masing kontestan menampilkan harus menyampaikan aksi seni pertunjukkan tradisional yang bisa sasar millenia Tanah Datar (TIA)

print

Leave a Reply