Patut Dicontoh, Warga Gunung Rajo “Tolak Bencana Dengan Sedekah”

Patut Dicontoh, Warga Gunung Rajo “Tolak Bencana Dengan Sedekah”

- in Feature, Headline
0

Oleh: Refni Rahmat Julia
Mahasiswa Sosiologi Agama

Pada saat ini dunia bahkan Indonesia sedang mengalami musibah yang sangat dahsyat yaitu dengan munculnya wabah covid-19 yang berasal dari China. Covid-19 ini mempunyai dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat. Dampaknya bisa dirasakan di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, kegiatan keagamaan dan kehidupan sosial masyarakat.

Pada saat pandemik ini masyarakat Nagari Gunung Rajo Kecamatan Batipuh Tanah Datar  sangat berlomba-lomba dalam bersedekah. Menurut mereka bersedekah dapat menolak berbagai penyakit atau musibah yang sedang terjadi.

Masyarakat Gunung Rajo berpendapat, covid-19 ini merupakan bencana atau penyakit yang datang dari takdir Allah SWT. Dengan adanya masyarakat yang bersedekah, masyarakat sudah mengamalkan salah satu perintah agama.

Selain itu, dengan bersedekah masyarakat Gunung Rajo juga dapat membantu antar sesama dari hasil sedekah yang dikumpulkan tersebut.

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa sedekah itu dapat menolak 70 jenis bala atau musibah “ Sedekah dapat menolak 70 macam bencana dan yang paling ringan (di antara bencana itu) adalah wabah penyakit kusta dan lepra,” (HR. Thabrani dalam Mu’jamul Kabir). Rasulullah juga bersabda: ” Bersegerah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah,” (HR. Imam Baihaqi).

Pada masa pandemic ini, para pengurus masjid dan remaja masjid melakukan kegiatan untuk meminta sumbangan kepada masyarakat guna untuk membantu anak yatim, membeli masker dan pembagian sembako.

Para remaja dan pengurus masjid yang ditugaskan untuk meminta sedekah ke rumah masyarakat dilakukan secara bergantian yang dilakukan 1 kali dalam seminggu. Masyarakat juga berlomba-lomba dalam memberikan sedekah ini karena salah satu cara mencegah covid-19 ini bisa dilakukan dengan memperbanyak sedekah. Dengan memperbanyak sedekah maka musibah atau penyakit yang akan datang bisa teratasi. Disini sangat jelas ada hubungan antara sedekah dengan silaturrahmi dan menolak bencana.

Di dalam sedekah juga terkandung nilai-nilai sosial karena akan tumbuh rasa saling peduli dan saling tolong menolong dalam berbagai hal. Bersedekah dapat mencegah segala mara bahaya, karena sedekah dapat menjadi benteng dari hal-hal yang buruk. Selain itu sedekah juga dapat mempererat silaturami. Ketika kita memberikan sedekah kita akan bertemu langsung atau berhubungan dengan orang yang akan menerima sedekah.

Pada saat pandemik ini ada masyarakat yang bersedekah berupa uang, sembako, masker dan lain-lain. Bersedekah ini merupakan suatu tindakan sosial yang termasuk kedalam golongan tindakan rasional nilai karena melalui sedekah terdapat hubungan sosial dan nilai agama.

Kegiatan masyarakat Nagari Gunung Rajo Tanah Datar ini patut dicontoh warga lainnya. Mereka tidak sibuk menghujat pemerintah atau menyalahkan pemerintah saat pandemi covid 19 menghajar seluruh sendi kehidupan, tetapi warga disana justru bergandeng tangan membantu warga lainnya. (***)

print

Leave a Reply