Memperkuat Peran Semen Padang Membangun Negeri

Memperkuat Peran Semen Padang Membangun Negeri

- in Headline, OPINI
442
0

Oleh: Arief Irvan

Sudah lebih satu abad Semen Padang bereputasi di kawasan ini, tentu dibalik waktu yang cukup panjang itu dinamika pasang surut telah dialaminya dengan berbagai rintangan dan tantangan yang mendewasakan, sehingga aset usaha urang awak ini masih kuat melangkah dan masih mampu berkompetitif menghadapi tantangan pasar global yang semakin kompleks.

Kekuatan itu menjadi tiang penyangga bagi Semen Padang dalam mempertahan kan perannya di Sumatera Barat supaya tidak the end tetap tetap berikibar menjembatani kemajuan daerah.

Nampaknya, hal itu menjadi prioritas yang harus dilakukan oleh Semen Padang, jika tidak tentu Semen Padang hanya akan menjadi cerita hayalan yang diwaraisi oleh generasi di negeri kita ini.

Untung Semen Padang masih kuat dalam mendayung mempertahankan eksktensinya sehingga sampai hari ini masih menjadi tiang penyangga dalam pembangunan negeri kita.

Tentu hal ini menjadi aset kebanggaan kita yang harus dipelihara dan di jaga, generasi ke generasi mestinya mereinventing Semen Padang untuk terus berkembang dan mampu berkompteisi ditengah-tengah situasi dan kondisi bagamana pun.

Jangan sampai usaha kebanggaan urang awak ini mati suri dan layu dalam meretas zaman yang penuh tantangan.

Untuk menuju kekuatan kedepan, Semen Padang jelas harus dipimpin oleh orang-orang profesional dan memiliki integritas yang tinggi, percayalah kemajuan sebuah usaha sangat ditentukan olek kondidis yang demikian, kita lihat negara tetangga kita Singapur misalnya hanya memiliki manusia profesional dan berintegritas itu, dengan sumber daya manusia yang demikian negara tersebut bisa maju melebihi negara-negara disekitarnya yang kaya dengan aset sumber daya alama tetapi tidak memunyai sumber daya yang profesional dan berintegritas itu.

Dalam konteks ini, kita bisa meyakini kembali tentang apa yang dikatakan oleh Nasibitt tentang Asia bisa mempin kemajuan ekonomi jika kawasan ini mempunyai manusia-manusia yang profesional dan integritas itu, seperti halnya jauh hari juga sudah diprediksi oleh Myrdal tentang kemajuan Asia sangat ditentukan oleh sumber daya mansia yang berintegritas itu, perlu manusia bermental jujur dan memiliki semangat kerja yang tinggi.

Untuk kedepan Semen Padang, perlu melakukan penguatan-penguatan melalui manusia-manusi profesional yang berintegitas tinggi itu. Kita tidak menginginkan ke depan Semen Padang keropos rapuh, sehingga perannya sebagai kekuatan ekonomi dan pembangun di negeri ini luntur dan hanya dimiliki oleh pihak-pihak tertentu saja.

Kita harus mengawal Semen Padang secara bersama untuk maju, sehingga aset usaha urang awak yang didirikan sejak tahun 1910 ini semakin menghujamkan mottonya kami telah berbuat sebelum orang lain memikirkan.

Di samping itu kita juga harus optimis, Semen Padang harus menjadi aset usaha terdepan mendorong tumbuh dan berkembangnya anak-anak negeri yang memiliki jiwa entrepreneur karena program anak angkat dan bapak angkat yang digulirkan oleh Semen Padang telah menggairahkan lahirnya usahawan-usahawan yang mendongkrak pertumbuhan ekonomi daderah.

Kita sangat yakin, jika peran ini diperkuat lagi oleh Semen Padang maka negeri ini tidak akan mengalami krisis entrepreneur, seperti yang dikatakan oleh Ciputra, bahwa Indonesia baru memiliki entrepreneur itu 0,18% dari jumlah penduduknya, sementara syarat untuk maju sebuah negara atau daerah minimal ada 2% entrepreneur itu. Kita berharap kepada Semen Padang untuk menjadi lokomotif penarik munculnya para entrepreneur itu.

Entrepreneur itu di Sumatera Barat bisa tumbuh seperti jamur dimusim hujan, jika Semen Padang memperkuat peran dan misi kesejahteraanya seperti yang dilakukan selama ini dengan sistem anak angkat dan bapak angkat itu.

Prediksi kedepan, hal ini bisa menjadi produk unggulan daerah kita dalam mengatasi pengangguran yang kian hari kian membengkak jumlahnya.

Penguatan peran anak angkat dan bapak angkat Semen Padang ini harus dirancang dengan kekuatan-kekuatan model yang terukur sehingga program ini betul-betul mengakar sebagai penopang kesejahteraan masyarakat, kemajun negeri dan seterusnya.

Sekarang kita sangat butuh lembaga-lembaga pendorong anak negeri berjiwa entrepreneur itu, maka besar harapan Semen Padang harus menjadi lembaga yang mempunyai produk kesejahteraan unggulan terhadap masalah ini.

Kita tunggu dan dorong Semen Padang berkemajuan dan memiliki program pembanagunan kesejahteraan unggulan tersebut dengan strategi-strategi yang berkualitas.

Dorongan dan motovasi ekonomi yang diberikan oleh Semen Padang pada masyarakat yang penuh dengan stategi itu, meyakinkan kita bahwa kedepan Semen Padang bisa menjadi tulang punggung pembangkit batang tarandam untuk lahirnya kembali para ekonom-ekonom dan wirausahawan-wirausahawan atau pelaku ekonomi yang mampu berkiprah di lokal, nasional dan dunia.

Maju teruslah Semen Padang!!!

Penulis adalah Mahasiswa S2 Sosologi Universitas Andalas

print

Leave a Reply