Kepramukaan Naik Tingkat, SMA Negeri 1 Pariangan Gelar Perjusami

Kepramukaan Naik Tingkat, SMA Negeri 1 Pariangan Gelar Perjusami

- in Headline, KABA PENDIDIKAN
1124
0
Peserta Perjusami SMA Negeri 1 Pariangan sebelum berangkat menuju lokasi perkemahan.(Foto : Mittiarni)

Pariangan, Bakaba–Perjusami untuk kenaikan tingkat  kepramukaan peserta didik SMA1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar  di Lapangan Hijau Padang Laweh Malalo kecamatan Batipuh Selatan dimulai , Jum’at (28/1).

Hendri Dunand sebagai Koordonator sekaligus Guru Pendamping Bidang KepramukaanSMA  1 Pariangan saat ditemui bakaba.net mengatakan bahwa kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (PERJUSAMI) ini merupakan Aplikasi dari tuntutan Kompetensi Inti dalam  Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar .

Pelaksanaan latihan pramuka bagi peserta didik telah dimulai sejak  awal semester pertama dalam bentuk latihan rutin para peserta didik yang dikoordinir langsung oleh Bidang Kepramukaan SMA 1 Pariangan .

Dilihat dari aktivitas latihan dan grafik kecerdasan lapangan peserta didik melalui pengisian SKU  yang semakin naik dan bagus , sudah waktunya dilakukan Uji Kenaikan Tingkat anggota Penegak menuju Tingkatan Bantara dan Laksana

Hendri Dunand sebagai Koordinator Lapangan Bidang Kepramukaan saat diwawancarai bakaba.net mengatakan bahwa kegiatan Perjusami ini merupakan aplikasi dari tuntutan Kompetensi Inti Kurikulum 2013 yang dirangkum dalam sebuah akrivitas kepramukaan  dilapangan perkemahan selama tiga hari .mulai hari Jumat pagi ini (28/1) hingga Minggu (30/1) mendatang.

Lebih jau diuraikan bahwa tujuan utama Perjusami ini adalah menguji keterlatihan keimanan, fisik, mental dan kecerdasan serta keterampilan anggota pramuka dalam mengelola diri pridadi dan kelompok dalam sangga untik dapat mewujudkan pribadi yang menerapkan Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka.

Sikap krcerdasan dan keterampilan  peserta didik itu akan terlihat  dilapangan perkemahan secara nyata dan terkelola dalam sebuah penilaian Sikap Kepribadian Sosial dan Keterampilan yang teruji tangguh dan bertanggingjawab.

Penilaian dilakukan langsung oleh Pembina diibantu oleh kakak tingkat mereka dari alumni yang mencintai pramuka dan mengabdikan jiwanya untuk kejayaan pramuka indonesia.

Puti Windra,salah seorang pesertay yang didampingi kak Mega mengatakan kegembiraannya mengikuti Perjusami yang dikelola oleh Gugus Depan SMA 1 Pariangan ini.
” Dengan adanya Perjusami ini kami dapat bersilaturrahmi dengan kakak tingkat dan para alumni serta seluruh anggota pramuka yang jumlahnya 250 yang akan ikut Uji Kenaikan Tingkat Bantara dan 10 orang Tingkat Laksana , selama tiga hari.wiih senangnya….”sorak siswa kelas X yang disambut tawa ceria belasan temannya .

Pak Dt Marajo sebagai orang tua saat melepas rombongan dihalan SMA 1 Pariangan mengharapkan dalam doanya semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan  semua yang ikut dapat selamat mulai dari pergi hingga sampai kembali disekolah. Salam Pramuka…!!!.(MIT).

print

Leave a Reply