Jurang Terjal Jadi Tantangan Satgas TMMD 106 Kodim 0306/50 Kota

Jurang Terjal Jadi Tantangan Satgas TMMD 106 Kodim 0306/50 Kota

- in Headline, LIMAPULUH KOTA, News
309
0

Payakumbuh, bakaba.net — Pelaksanaan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 106 Kodim 0306/50 Kota,medan Berat dan faktor cuaca menjadi tantangan terberat bagi prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) di Kodim 0306/50 Kota.  Tetapi hal tidak menyurutkan semangat mereka  dalam mengerjakan setiap sasaran baik sasaran fisik maupun non fisik yang sudah direncanakan.

“Dalam pelaksanaannya, berbagai tantangan dialami oleh prajurit bersama masyarakat. Salah satunya adalah medan berat, Pembukaan ruas jalan sepanjang 9100  itu menembus hutan dengan kecuraman yang tinggi dan terkadang satgas harus bekerja dalam hujan yang mulai turun di kawasan itu,” ujar Dan. Satgas  Letkol.  Kav.  Solikhin, S. Sos, M. M.

Hal tersebut disampaikan Dan. Satgas Letkol. kav. Solikhin menjawab wartawan saat kunjungan Marsekal Muda (Marsda)  TNI Nazirsyah Aspotdirga Kasau Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi ke lokasi TMMD ke 106 Kodim 0306/50 Kota Kamis (25/10).

Dan. Satgas Letkol. kav. Solikhin  mengatakan, meski dihadapkan dengan medan yang sulit dan curam disertai cuaca hujan yang sering mengguyur kawasan itu, tidak mempengaruhi mental dan semangat kerja prajurit dilapangan. Karena kegiatan ini harus terselesaikan sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan.

“Ada tantangan tersendiri dalam kegiatan TMMD kali ini, selain medannya yang sulit juga faktor cuaca karena seringnya turun hujan,” ujar Solikhin.

Untuk mengantisipasi tantangan tersebut dilakukan dengan pelaksanaan pra TMMD 106 Kodim 0306/50 Kota selama 2,5 bulan.

Sasaran kegiatan, sasaran fisik berupa buka jalan baru dengan panjang 9000 meter dan lebar 9 meter yang menghubungkan Nagari Situjuah Ladang Laweh dan nagari Situjuah Tungka, Kecamatan Situjuah Limo Nagari. Dengan rincian, pembuatan plat daker 4 titik, pasangan golong-golong 10 titik, pemasangan batu pada titik rawan longsor, pembuatan Rumah layak Huni 4 unit dan pembuatan mushalla 1 unit.

Sasaran non fisik TMMD kali ini pemberian penyuluhan/sosialisasi dan pembekalan berbagai materi yang dibutuhkan oleh masyarakat.”Nantinya, kegiatan ini dilaksanakan pada 02 – 31 Oktober mendatang dengan personil Satgas sebanyak 150 orang. (TIA)

 

print

Leave a Reply